Sedan Jaguar Hybrid Diluncurkan 2014  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 Mei 2010 13:34 WIB
autoevolution.com
TEMPO Interaktif, London - Jaguar Land Rover, pabrikan otomotif asal Inggris ini memiliki rencana besar di teknologi hybrid di masa mendatang. Bahkan, tak hanya model Sport Utility Vehicle saja yang bakal dibekali technology hybrid, tetapi juga sedan mewah Jaguar.

Rencananya, pabrikan itu meluncurkan salah satu varian sedan Jaguar, yaitu Jaguar XJ berteknologi hybrid. “XJ akan menjadi model pertama Jaguar ramah lingkungan,” demikian laporan autoevolution.com, Selasa (18/5).

Sedan yang akan diluncurkan pada 2014 itu rencananya dibekali mesin 3.000 cc V6 turbocharger. Mesin tersebut dikombinasikan dengan motor listrik 35 Kilowatt (kW). Sedan anyar tersebut menggunakan sistem transmisi otomatis baru ZF dengan delapan tingkat percepatan.

Land Rover Jaguar juga menyebut, Jaguar hybrid generasi berikutnya yang dijadwalkan meluncur pada 2015 akan menggunakan motor listrik 350 volt. Motor itu dilengkapi baterai ion lithium yang dilengkapi fitur daur ulang engeri secara kinetis. “Banyak sekali keuntungan yang diperoleh oleh konsumen dengan sistem itu,” aku sumber di pabrikan tersebut.

Seperti diketahui, Tata Motors –pemilik Land Rover Jaguar– Februari lalu telah mendapat kucuran dana segar 340 juta poundsterling atau sekitar Rp 4,65 triliun dari European Investment Bank. Dana sebesar itu, menurut pabrikan itu akan digunakan untuk mengembangkan kendaraan berteknologi hybrid.

Namun sayang, hingga kini belum ada keterangan ihwal harga Jaguar hybrid itu. Begitu pun dengan wilayah yang bakal disasar untuk menjajagkan sedan anyar tersebut.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi