Euro 5 Bikin Mazda RX-8 Cuma Tersisa 100 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 29 Agustus 2010 23:49 WIB
Mazda RX-8 (www.netcarshow.com)
Iklan
Iklan
TEMPO Interaktif, London - Standar Euro 5 yang diberlakukan di Eropa benar-benar membunuh banyak model mobil. Ketentuan yang akan diberlakukan mulai 1 Januari 2011 itu membuat hanya 100 unit mazda RX-8 yang masih tersedia untuk dijual di Inggris.

Laman autoevolution.com, Minggu (29/8), menulis produksi model RX-8 untuk pasar Inggris tak lagi dilakukan pabrik Mazda di Hiroshima. Model masih tersedia adalah Mazda R3 yang dilengkapi dengan mesin berkekuatan 231 hp.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak ayal, Mazda RX-8 bakal menjadi model langka di pasar Inggris. Model ini dijual 25.540 pound sterling atau sekitar Rp 357,1 juta.

"Selama beberapa bulan ke depan konsumen akan ditawarkan kesempatan langka untuk mendapatkan salah satu produk terakhir RX-8 di Inggris," kata Mark Cameron, Direktur Penjualan Mazda Inggris dalam keterangannya. "Hanya konsumen yang beruntung yang akan mendapatkan salah satu produk legendaris otomotif dunia ini."

Standar emisi Euro 5 ini tidak hanya menghantam Mazda. Beberapa model lain yang terpaksa 'habis' adalah Honda Civic Type R, Ford Focus ST dan Alfa Romeo Brera. Aturan baru ini menetapkan emisi karbon monoksida 500 mg/km untuk kendaraan diesel serta 1.000 mg/km untuk mesin bensin, gas alam atau kendaraan LPG.

Dari tanggal 1 Januari 2015, standar yang lebih ketat akan diberlakukan yaitu Euro 6. Jika aturan ini benar-benar dijalankan, maka akan lebih banyak model lagi yang terpaksa menyingkir.

RAJU FEBRIAN

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi