Subaru Mulai Pasarkan Model Sport Anyar WRX Spec C  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 21 Desember 2010 13:42 WIB
Subaru Impreza WRX STI spec C. Foto:SUBARU
TEMPO Interaktif, Tokyo - Fuji Heavy Industri Ltd yang merupakan produsen mobil Subaru, Selasa (21/12) mulai memasarkan hatchback sport Subaru Impreza WRX Spec C. Mobil yang dibangun dengan basis Subaru WRX STI – yang merupakan ikon mobil sport Subaru – itu diklaim lebih lebih ringan, lincah, dan lebih bertenaga.

Laman japanesesportcars.com, Selasa (21/12) menyebut, satu diantara keunggulan Impreza WRX Spec C adalah penggunaan ball bearing sebagai bantalan sumbu turbin twin scroll turbocharger. Selain itu, Subaru menyempurnakan peranti Engine Control Unit (ECU).

“Sehingga torsi lebih besar (meski di saat putaran mesin rendah), lebih responsive. Akselerasi mobil juga lebih cepat,” tandas laman itu.

Peranti di sistem suspensi, baik di depan maupun belakang juga diracik ulang. Pabrikan itu mengubah sistem Limited Slip Differential) di suspensi roda belakang menjadi sistem mekanis. Sebelumnya, peranti ini menggunakan sistem torsen.

Kerangka atau chasis mobil dibuat sestabil mungkin guna lebih memudahkan kontrol pengendalian mobil secara linear. Bahkan di saat mobil melibas lintasan yang ekstrim sekali pun.

Tak lupa, Subaru menggunakan bahan aluminium di beberapa bagian bodi, termasuk kap mesin.Pelek pun dipilih dari bahan yang ringan. Sehingga total bobot mobil ini jauh lebih ringan dibanding Subaru WRX STI. Namun, pabrikan itu tak memerinci berapa total bobot mobil anyar tersebut.

Mesin bensin 1.944 cc empat silinder DOHC, 16 katup dan dilengkapi twin scroll turbocharger itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 308 daya kuda dan torsi 430 Newton meter pada 4.400 rpm. 

Subaru menyebut, mulai hari ini mobil tersebut dipasarkan di Jepang. Namun, pabrikan ini tidak memberi informasi rinci apakah mobil tersebut juga akan diekspor ke berbagai negara.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi