Lima Cacat Aneh Penyebab Penarikan Mobil di 2010  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 31 Desember 2010 10:41 WIB
kemacetan di jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto : Tempo/Suryo Wibowo
TEMPO Interaktif, California - Penarikan mobil yang dilakukan oleh produsen sepanjang 2010 ini mencapai 17,2 juta unit. Selain dikarenakan oleh masalah serius di bagian atau komponen mobil, penarikan itu juga dikarenakan oleh persoalan sepele yaitu cacat aneh di bagian atau peranti tertentu.

“Bahkan, tak jarang orang tertawa kala mendengarnya. Namun, meski terlihat remeh masalah itu bisa berakibat fatal,” sebut Lembaga Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat seperti dilansir Ward Auto, Jumat (31/12).

Lantas permasalahan sepele apa saja yang membuat pabrikan menarik ratusan bahkan ribuan unit produknya? Berikut catatan NHTSA :

1. Hiasan/emblem di kap mesinMasalah ini terjadi di mobil  mewah Bentley, Arnage, dan Brooklands buatan 2007-2009. Hiasan yang berupa huruf B bersayap itu tiba-tiba keropos tanpa  diketahui penyebab yang pasti. Akibat peristiwa itu, 630 unit ketiga mobil mewah itu ditarik.

“Memang tidak ada kaitan langsung dengan mobil dan pengemudi, namun kerusakan itu bisa membahayakan pejalan kaki atau kendaraan lain saat mobil melaju dan hiasan itu terlepas,” sebut NHTSA.

Bentley Motors Ltd mengumumkan penarikan produknya itu pada pekan kedua September 2010.

2. Baterai peranti navigasiBaterai peranti sistem navigasi merek Garmin di mobil Volvo, Nissan, serta Suzuki  memanas  secara tiba-tiba. Kondisi itu dikhawatirkan menimbulkan kebakaran di mobil. Akibat permasalahan itu, 29.056 unit mobil dari ketiga merek itu ditarik.

Padahal, baterai  peranti itu tidak berbeda dengan baterai peranti yang sama yang dipasang di mobil merek lain. Kendati demikian, ketiga pabrikan itu tetap menarik mobil guna memperbaikinya.

Pengumuman dilansir pada pekan ketiga Agustus 2010.

3. Peranti audioPermasalahan ini terjadi di mobil crossover Kia Soul model 2010 (buatan 2009) dan Kia Sorento model 2011 (buatan 2010). Lampu di perangkat audio kedua mobil itu tak padam kendati saklar atau panel pengubah aktif atau non aktif telah dimatikan.

Setelah diteliti ada rangkaian kabel yang tidak tepat sehingga memungkinkan arus listrik tetap mengalir. Hal itu dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kebakaran.

Sebelumnya, kabel tersebut tidak ada masalah. Rangkaiannya pun telah mengikuti standar keamanan dan aturan dari pabrikan itu. Akibat kesalahan itu 35.185 unit SUV Kia itu ditarik.

Rincian mobil yang ditarik terdiri 23.972 unit Kia Soul model 2010, dan 11.213 unit crossover Kia Sorento model 2011. Pemgumuman dilansir awal September 2010.

Fitur sistem audio khususnya di bagian speaker depan di Kia Soul memang dilengkapi lampu khusus . Begitu pun di Kia Sorento, yang menyediakan fitur tersebut sebagai peranti opsional.

4. Baut spion kendorSaat pertama kali mendengar alasan penarikan ini banyak orang yang tertawa. Tapi itulah faktanya.  Akibat  peristiwa itu pada Oktober lalu Suzuki Motors menarik 90.617 unit hatcback Suzuki Swift, crossover SX4dan satu model lainnya di beberapa negara.

Baut itu kendor saat mesin mobil dinyalakan atau saat mobil melaju kencang. Akibatnya spion rawan lepas dan jatuh. Padahal, saat mobil diproduksi semua peranti telah dicek termasuk spion. Hasil inspeksi menunjukkan tidak ada masalah.

Permasalahan serupa juga dialami Daihatsu Motor Corporation (DMC) yang menarik 882.006 unit Daihatsu Tanto dan Daihatsu Move pada 7 Oktober lalu.

5. Sensor bahan bakarBayerische Motoren Werke (BMW) AG menarik 6.080 unit sedan anyar besutannya, BMW seri 5 dan BMW Seri 5 Gran Turismo di Amerika Serikat karena sistem sensor ukuran bahan bakar bermasalah.

Kejadian itu cukup membuat bingung BMW, pasalnya saat diproduksi semua peranti termasuk sensor sudah terpasang dengan baik dan dinyatakan aman.

“Sensor level bahan bakar  tertekan. Sehingga indikator penunjuk kondisi persediaan bahan bakar tidak akurat. Indikator menunjukkan bahan masih penuh, padahal  nyatanya justru kosong,” sebut pernyataan NHTSA.

Seperti disebutkan pengumuman NHTSA, NHTSA Campaign ID Number: 10V331000, mobil yang ditarik itu diproduksi  12 Januari hingga 1 Juli 2010. Pengumuman tersebut dikelaurkan pada  25 Juli 2010.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi