Kongsi VW-DRB Hicom Mulai Menyiapkan Produksi di Malaysia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 3 Januari 2011 17:50 WIB
VW Pasaat. themotorreport.com.au
TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur - Setelah pekan ketiga Desember 2010 lalu menandatangani nota kesepahaman dengan DRB-Hicom Bhd untuk merakit produknya di Malaysia, Volkswagen (VW) kini mulai merekrut karyawan untuk persiapan produksi.  Seperti disebutkan sebelumnya, proses perakitan di Pekan, Pahang, Malaysia mulai dilakukan akhir 2011 mendatang.

Mohamad kamil, Managing Director DRB-Hicom Group kepada The Business Times Malaysia dan dilansit businesstimes.com, sg, Senin (3/1) mengatakan kongsi pihaknya dengan VW akan merekrut 600 orang pekerja. “Jumlah pekerja akan bertambah saat pekerjaan dan volume produksi juga meningkat,” kata dia.

Kamil mengatakan hasil produksi kongsi DRB-Hicom dan VW tak hanya untuk memenuhi permintaan konsumen di Malaysia saja, tetapi juga seluruh wilayah Asean. Bahkan ia menyebut, VW yang merupakan produsen mobil terbesar di  Eropa hingga kini belum memiliki pijakan yang kuat di kawasan Asia Tenggara.

Menurut Kamil, pabrikan asal Jerman itu sudah semestinya membangun basis produksi yang kuat mengingat potensi pasar yang mencapai 600 juta jiwa.

Sebelumnya, seperti dilansir autoevolution.com, Selasa (21/12), VW  mengatakan akan menjadikan Malaysia sebagai basis produksi produknya untuk wilayah Asean pada 2012 mendatang.

"Mengembangkan potensi pasar kawasan Asean merupakan tujuan utama strategi pertumbuhan jangka panjang Grup Volkswagen," tutur Kristen Klingler, Anggota Dewan Manajemen VW.

Model VW pertama yang akan dirakit di pabrik Malaysia adalah VW Passat. Rencananya mobil tersebut diproduksi pada akhir 2011. Setelah itu VW akan melakukan ekspansi penuh dengan merakit model lainnya pada akhir 2012.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi