Entune, Aplikasi Multimedia Pintar di Mobil Toyota  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 6 Januari 2011 20:52 WIB
Toyota Entune
TEMPO Interaktif, Los Angeles - Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corporation (Toyota) membuat terobosan anyar dalam bidang aplikasi multimedia sebagai fitur kenyamanan di mobil besutannya. Entune, begitulah peranti itu dinamai.

Seperti dilansir allcartech.com, Kamis (6/11) Toyota mengatakan, aplikasi tersebut diciptakan dengan konsep kepraktisan dan kenyamanan dalam berkendara. “Mata tetap fokus ke jalan, tangan tetap di kemudi, tetapi kenyamanan tetap tercipta. Itulah rumusan peranti multimedia Toyota, Entune,” tulis laman tersebut.

Laman gadgetreview.com,Kamis (6/1) menulis, aplikasi ini terdiri dari lima aplikasi utama yaitu Bing, iHeartRadio, Pandora, MovieTickets serta OpenTable. “Pada dasarnya, Entune bertindak sebagai aplikasi browser,” sebut laman itu.

Untuk mengaktifkan sistem aplikasi itu juga cukup mudah. Namun, sebelumnya perangkat sistem aplikasi itu sudah harus terpasang di dashboard mobil dengan layar, kemudian dihubungkan ke telepon seluler.

Sistem itu dihubungkan melalui Bluetooth ke telepon seluler dan tak tergantung pada jenis telepon itu. “Ini dilakukan melalui aplikasi download yang telah diumumkan untuk rilis IOS, Android, Blackberry, dan beberapa dumbphones,” sebut Toyota.

Berbagai layanan informasi bisa dinikmati oleh pengemudi mulai dari kases ke ratusan stasiun radio, pilihan lagu favorit, sistem navigasi. Bahkan, informasi dan pesanan tiket bioskop, pemesanan tempat di restoran, hingga informasi lalulintas paling mutakhir juga bisa didapatkan.

“Pengemudi bisa mengakses saluran radio kesukaannya melalui aplikasi telepon internet berbasis iHertRadio's,” terang allcartech.com.

Namun dua aplikasi yang penting bagi pengemudi adalah Bing Mobile dan Bing Maps. Melalui kedua fitur itu pengemudi mendapatkan layanan informasi navigasi.

Melalui Bing Mobile pengemudi dan mencarai dan menemukan jawaban jalanan atau lokasi yang akan dituju. Sementara, melalui Bing Maps, pengemudi akan mendapat panduan arah, dan jalan menuju lokasi yang dituju.

Menariknya, peranti itu juga bisa membaca pesan singkat yang masuk ke telepon seluler pengemudi dan mengubahnya menjadi suara. Walhasil pengemudi tak perlu repot membaca pesan tersebut.

Cara itu juga menghindarkan pengemudi dari potensi risiko kecelakaan saat membaca pesan di telepon.

Toyota memamerkan teknologi anyar tersebut di gelaran Consumer Electronic Show 2011 yang berlangsung 6 – 9 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat. Rencananya, sistem aplikasi itu akan dipasang di mobil tertentu besutan Toyota model 2012.

ARIF ARIANTO

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi