Mazda 3 Versi Facelift Menggunakan Mesin Baru Skyactiv
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 18 Februari 2011 11:40 WIB
fastmotoring.com
TEMPO Interaktif, Tokyo - Mengawali tahun 2011, Mazda Motor  melakukan pembaruan di beberapa model andalannya. Satu di antara model yang dipermak tampilannya adalah sedan Mazda 3.

Namun, produsen mobil asal Jepang itu tak sekadar mengubah tampilan mobil itu tetapi juga mengganti mesinnya dengan mesin generasi baru berteknologi Skyativ-G. Kendati berkapasitas lebih kecil dibanding generasi lawas, namun semburan tenaganya lebih besar.

“Mesin baru saat ini, 2.000 cc Skyactiv, mampu menghasilkan tenaga hingga 163 daya kuda dengan torsi 210 Newton meter (Nm),” demikian tertulis dalam siaran pers Mazda seperti dilansir fastmotoring.com, Jumat (18/2).

Mesin yang disandang Mazda 3 versi lama berkapasitas 3.200 cc menghasilkan tenaga 145  daya kuda. Artinya lebih kecil 18 daya kuda ketimbang mesin anyar tersebut.

Kelebihan lain dari mesin baru itu adalah bobotnya lebih ringan, ukuran lebih kecil, serta mampu memberikan rasio tingkat kompresi yang lebih tinggi. Terlebih mesin Skyactiv ini juga diimbuhi peranti turbocharger.  “Sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan emisi CO2 yang dihasilkan lebih rendah”.

Hasil uji pabrikan itu menunjukkan, konsumsi bahan bakar Mazda 3 versi facelift satu liter untuk 12,8 kilometer. Hanya, Mazda tidak menyertakan data tingkat emisi CO2.

Adapun perubahan tampilan terlihat pada bemper depan yang kini dilengkapi lampu kabut berbentuk pipih. Lampu utama juga didesain ulang, dengan menggunakan gaya yang berkesan futuristik.  Begitu pula tampilan pelek 16 dan 17 inci yang digunakan.

Mazda 3 versi facelift itu akan diluncurkan di gelaran Canadian International Auto  Show 2011 yang dimulai Jumat (18/2) dan dipasarkan mulai Maret mendatang. Hanya, Mazda belum memberikan informasi ihwal harga.

ARIF ARIANTO  

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi