Mega-Mac Mobil Super-Cepat Buatan McLaren
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 Oktober 2011 16:00 WIB
Mega Mac. autocar.co.uk

TEMPO Interaktif, London - Produsen mobil asal Inggris, McLaren, yang selama ini dikenal sebagai pembuat mobil balap Formula 1 serius menggarap pasar mobil mewah berkecepatan super. Tahun lalu perusahaan ini memproduksi mobil sport versi jalan raya, McLaren MP4-12C. Pabrikan tersebut juga tengah menyiapkan varian super-anyar.

Seperti dilansir autocar.co.uk dan indiancarbikes.in, Selasa 19 Oktober 2011, pada September lalu McLaren telah menguji varian anyar yang masih menggunakan kode "Mega-Mac" di sebuah sirkuit di Spanyol dan Bahrain. Sedianya mobil itu akan diboyong ke Jerman guna disempurnakan. "Pengujian di Bahrain itu untuk mengetahui sejauh mana ketahanan mobil di cuaca panas," ujar seorang sumber di McLaren.

Mobil yang digadang-gadang mampu mengungguli Bugatti Vetron SS itu rencananya akan diproduksi 500 unit dan mulai dipasarkan pada 2014. Bila mampu menembus pasar mobil super di seluruh dunia, McLaren akan memproduksinya lagi.

Hanya, McLaren belum memberikan keterangan resmi ihwal mesin dan spesifikasi teknis lain dari mobil tersebut. Meski demikian bocoran dari beberapa sumber yang terlibat dalam penggarapan mobil itu menyebut Mega-Mac akan mengusung mesin 5.000 cc V8 generasi anyar.

Mesin itu diperkirakan mampu menyemburkan tenaga hingga 800 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi 600 Newton meter pada 6.800 rpm. Tenaga disalurkan ke roda dengan menggunakan peranti transmisi kopling ganda tujuh tingkat kecepatan.

Lantas bagaimana dengan kemampuan akselerasinya? Sayang, hasil beberapa pengujian belum dipublikasikan. Namun, bila disebut memiliki kemampuan di atas Buggati Veyro SS, akselerasi dari 0-100 kilometer per jam diperkirakan hanya dalam tempo 2,5-3 detik. Pasalnya, varian paling cepat Bugatti itu memiliki kemampuan akselerasi hanya 2,5 detik untuk jarak yang sama.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi