Sinergi Avanza-Xenia Berlanjut ke Generasi Kedua
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 8 November 2011 02:37 WIB
Toyota All New Avanza dan Daihatsu All New Xenia (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - Sukses melahirkan Avanza-Xenia pada tahun 2004, kerjasama trio Toyota Motor Corporation, PT Astra International Tbk., dan Daihatsu Motor Company berlanjut ke generasi kedua. Kesepakatan kerja sama ini dilakukan pada acara 'Dedicating The Best for Indonesia' yang dilangsungkan di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin 7 November 2011.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto mengatakan keberhasilan Avanza-Xenia menjadi produk sensasional di Indonesia karena mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Duet mobil ini hadir saat krisis ekonomi melanda Indonesia tahun 2003 yang membuat harga mobil melambung empat kali lipat.

"Ketika itu kami berpiir bagaimana membuat mobil yang memenuhi kebutuhan namun dengan harga yang terjangkau," katanya.

Hasilnya, lahirnya Avanza dan Xenia. Sejak kelahirannya hingga bulan Oktober 2004 generasi pertama Avanza-Xenia mampu terjual 981.230 unit yang terdiri dari Avanza 681.035 unit dan Xenia 300.195 unit. Dengan total pasar otomotif Indonesia di rentang 7 tahun itu di angka 4.374.827 unit, maka keduanya mengusasi 22% pangsa pasar.

"Jika ditambah dengan jumlah Avanza yang diekspor ke 27 negara sekitar 113 ribu unit, maka keduanya sudah menembus angka 1 juta unit," kata Prijanto.

Ia menyebutkan di masa awalnya, Avanza-Xenia hanyta ditargetkan terjual 3.500-2.800 unit. Kini, tujuh tahun kemudian, keduanya mampu terjual 20.000-an unit setiap bulannya. "Artinya sudah enam kali lipat," katanya.

Sukses ini menurut Managing Officer Toyota Motor Company Hiroshi Onishi membuat generasi kedua All New Avanza dan All New Xenia menjadi tantangan baru. "Kolaborasi ini kian menantang," katanya.

Sementara President Director Daihatsu Motor Company Daihatsu Kochi Ina mengatakan produksi kedua model ini tetap akan dilakukan di Assembly PLant PT Astra Daihatsu Motor di Sunter. Sedangkan konten lokal kini ditingkatkan antara 80-85 persen.

RAJU FEBRIAN

#Industri Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi