Nissan Juke Indonesia Tak Kena Recall
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 8 Desember 2011 19:16 WIB
Nissan Juke (Dok. NMI)

TEMPO Interaktif, Jakarta-Ternyata Nissan Juke yang beredar di Indonesia tak terkena recall. Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Teddy Irawan mengatakan mobil yang dipasarkan di Indonesia tidak mengalami permasalahan. "Sehingga tak perlu recall," kata dia kepada Tempo, Kamis 8 Desember 2011.

Menurut Teddy, penarikan global itu khusus dilakukan pada Nissan Juke dengan varian mesin 1.6L turbo. "Mesin itu tak dipasang pada mobil yang dipasarkan di Indonesia." ujarnya. Begitu juga dengan persoalan kunci pintu. Teddy menuturkan, masalah itu hanya akan muncul saat mobil berada dalam suhu di bawah nol derajat celcius. Kunci mobil kemungkinan membeku karena faktor uap air dan suhu dingin. "Itu hanya terjadi di negara yang memiliki musim dingin," katanya.

Hari ini Nissan Motor Co mengumumkan adanya penarikan global terhadap 118 ribu Nissan Juke. Penarikan mobil itu terpaksa dilakukan lantaran temuan kecacatan pada turbo charger dan kunci pintu kendaraan. Sebelumnya Nissan juga menarik mobil Rogue 2011 yang dipasarkan di Amerika. Langkah itu terpaksa dilakukan untuk perbaikan dan penggantian potensi kecacatan pada power steering, lantaran electric boards tidak terpasang sempurna. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) menyatakan kerusakan itu berpotensi menimbulkan kecelakaan. Rencananya recall akan dimulai pada awal bulan ini.

Konsumen disarankan segera menghubungi dealer Nissan untuk mendapatkan perbaikan dan penggantian komponen. Nissan memastikan perbaikan tersebut tidak akan dipungut biaya.

AGUNG SEDAYU

#Recall Anggota DPR

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi