BMW Gandeng Cina Luncurkan Mobil Listrik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 13 Desember 2011 15:57 WIB
AP/Matthias Schrader

TEMPO Interaktif, Jakarta - BMW berancang-ancang mengeluarkan merek lokal di Cina untuk kategori mobil listrik. Produsen mobil asal Jerman ini akan bekerja sama dengan mitra lokal, yaitu Brilliance Jinbei Automobile Co.

Merek yang akan diluncurkan ini untuk memenuhi ketentuan joint venture yang ditetapkan pemerintah Cina. Mobil listrik ini ditujukan bagi pasar domestik. "Kami akan mengenalkan merek baru, sesuai dengan syarat yang ditetapkan pemerintah," kata Kepala Divisi Sales dan Marketing BMW, Ian Robertson.

Menurut Robertson, Cina sedang mencari mitra penggarap lain mobil listrik ini untuk memenuhi pangsa ekspor. "Pasar mobil Cina adalah yang terbesar di dunia, tapi ini bukan merek internasional asal Cina. Jika teknologi itu terbukti sukses, ada kesempatan bagi merek Cina untuk berkembang," kata dia. Belum ada bocoran soal spesifikasi kendaraan yang akan diluncurkan.

Awal tahun ini BMW telah bekerja sama dengan Brilliance, menggarap konsep mobil hybrid seri kelima pada pameran otomotif Auto Shanghai. BMW akan mengenalkan mobil listrik ini pada 2013 dan mobil hybrid pada 2014 di Cina.

CARBUZZ.COM | DEWI

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi