Toyota Kembangkan Lampu Anti-Celaka
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 19 Desember 2011 13:05 WIB
mdwholesale.com

TEMPO.CO, Tokyo - Pabrikan mobil terbesar dunia, Toyota Motor Corp, tengah mengembangkan sistem lampu canggih untuk menghindari kecelakaan lalu lintas terutama di malam hari.

Sistem bernama Advance Headlight Systems (AHS) ini salah satunya memungkinkan pengendara mendapatkan penerangan maksimal di sudut jalan sempit pada malam hari.

Laman situs caradvice.com mengatakan teknologi canggih ini rencananya akan dipasang pada varian baru Camry yang dirilis tahun depan.

Manajemen Toyota mengatakan purwarupa sistem AHS tengah dirancang oleh divisi riset dan pengembangan mereka di Tokyo. Tujuan pembuatan AHS yakni mengurangi kecelakaan di jalan raya yang rawan terjadi di malam hari.

Selain pencahayaan maksimum, AHS juga memiliki teknologi yang bisa meminimalkan dampak silau akibat lampu kendaraan lain yang melintas di hadapan kita.

Lampu ini memiliki semacam iris (shutter) yang bisa memunculkan titik hitam untuk menangkis sorotan lampu kendaraan dari arah berlawanan. Tapi titik hitam ini tak menghalangi sorotan lampu mobil kita ke arah depan jalan.

Sayangnya, AHS belum bisa memenuhi tuntutan pencahayaan yang tak membuat silau pejalan kaki.

Manajemen Toyota berkilah, fitur tersebut masih akan dikembangkan lebih jauh. "Saat ini AHS fokus untuk melindungi pengendara. Toh efeknya untuk menghindari kecelakaan pejalan kaki juga masih ada," kata Asisten Manajer Sistem Pencahayaan Toyota, Fujiyoshi Satoshi.

FERY FIRMANSYAH

#Sensor untuk Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi