VW Batasi Akses BlackBerry Pegawai
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 Desember 2011 19:13 WIB
Volkswagen (VW). REUTERS/Billy Weeks

TEMPO.CO, Frankfurt Produsen otomotif asal Jerman, Volkswagen membatasi penggunaan BlackBerry dan surat elektronik selama jam kerja. Pekerja hanya menerima email setengah jam sebelum dan setelah jam kerja. Namun mereka tetap diperbolehkan menerima dan melakukan panggilan telepon.

Produsen mobil Eropa terbesar ini juga telah membuat kesepakatan dengan pekerja sepakat untuk menonaktifkan email di malam hari. Seperti dikutip dari koran terbitan Jerman, The Wolfsburger Allgemeine Zeitung, sebanyak 1.154 karyawan di enam pabrik Volkswagen di Jerman memiliki perangkat telepon pintar.

Serikat Pekerja menolak target yang dibebankan kepada karyawan bahwa mereka harus selalu terhubung dengan perusahaan setiap waktu. Sebab berdasarkan hasil studi, ini bisa menyebabkan kelelahan dan sindrom psikologis hingga 10 juta pekerja sakit dalam setahun di Jerman. Sejauh ini, para pekerja merespon positif keputusan itu terutama menonaktifkan email pada malam hari.

Langkah ini diambil setelah dua bulan, jutaan pelanggan BlackBerry -dibuat oleh Research in Motion- merasa frustrasi oleh gangguan layanan selama tiga hari. Gangguan ini menunjukkan banyaknya orang yang bergantung pada layanan ini menerus. Layanan yang amat diandalkan adalah email dan BlackBery Messanger.

Volkswagen memiliki sekitar 400.000 karyawan di seluruh dunia. Perusahaan ini bertujuan menjadi produsen mobil terbesar di dunia pada 2018 dengan menjual 10 juta kendaraan per tahun.

AUTONEWS | DEWI

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi