Salah Cantumkan Label, Toyota Recall Pikap Tundra
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 25 Desember 2011 19:35 WIB
.

TEMPO.CO, New York- Toyota Motor Corp bakal menarik 502 unit pikap Tundra produksi teranyar mulai awal tahun depan. Penarikan tersebut dilakukan lantaran pabrikan salah mencantumkan kapasitas muatan pada label yang tertera di setiap mobil.

Penarikan pikup mewah berkabin ganda ini akan dilakukan Februari mendatang. Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) mengatakan, pencantuman label yang tak akurat berpotensi membuat mobil kelebihan muatan dan mengakibatkan kerusakan roda. Ujung-ujungnya mobil jadi rawan celaka.
Penarikan Toyota Tundra dari pasaran bukan pertama kali terjadi. April lalu 51 ribu pikap ini direcall gara-gara driveshaft atau tuas penyambung roda dan gearbox rawan patah. 
Produsen mobil terbesar di dunia itu mengakui adanya kesalahan proses pengecoran saat membuat driveshaft bagian belakang, dari 0,05 persen Tundra yang beredar di pasaran. Namun belum ada laporan kecelakaan terkait masalah ini. 
Sedangkan dua tahun lalu 110 ribu Tundra juga ditarik dari peredaran gara-gara pengeroposan sasis. Sasis truk berpenggerak 4 roda ini gampang berkarat. Karat juga bisa merusak rem. 
FERY FIRMANSYAH
#Recall Anggota DPR

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi