Starter Rusak, Tata Tarik Mobil Termurah di Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 2 Januari 2012 11:50 WIB
Tata Nano (www.autoevolution.com)

TEMPO.CO, Mumbai - Mobil termurah di dunia, Tata Nano, ditarik kembali oleh pabrikan Tata Motors India lantaran kerusakan pada motor starter elektrik. Tata Motors pun mesti mengganti komponen penggerak mesin tersebut secara gratis pada 140 ribu konsumen.

Seperti dikutip dari India Today, penggantian komponen ini dilakukan pada seluruh unit Nano yang diproduksi sejak 2009 hingga 21 November 2011. Manajemen Tata mengatakan, penarikan ini tidak mencakup Tata Nano model 2012 yang baru diproduksi November lalu.

Sejak Oktober hingga saat ini, Tata Motors telah mengganti 50 ribu unit motor starter Nano. Namun, manajemen Tata enggan mengungkapkan biaya yang telah dikucurkan untuk upaya ini. Situs torquenews.com memperkirakan penggantian itu menghabiskan biaya 10 juta rupee atau US$ 190 ribu.

Manajemen Tata Motors juga menyangkal penggantian motor starter itu disebabkan mesin yang rusak. “Kami telah merancang motor starter yang baru dan kami ingin menggantinya supaya performa Nano lebih baik,” kata salah satu anggota direksi. 

“Sampai sekarang, kami belum pernah menerima komplain apapun dari konsumen dan ini bukanlah penarikan karena kerusakan,” kata dia menambahkan.

Tata Nano digelari mobil termurah di dunia. City car mini ini dipatok seharga US$ 2.500 atau setara dengan Rp 23 juta. Agustus lalu, Tata berencana membangun pabrik Nano di Indonesia, namun hingga kini belum jelas realisasinya.

GADI MAKITAN 

#Recall Anggota DPR

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi