Investasi Rp 4 Triliun, Toyota Minta Diskon Pajak
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 8 Februari 2012 20:58 WIB
REUTERS/Beawiharta

TEMPO.CO, Jakarta- Toyota Motor Manufacturing Indonesia akan menambah investasi senilai Rp 4,3 triliun di Indonesia. Agar proyek penambahan kapasitas pabrik di Karawang itu berjalan mulus, Toyota meminta adanya insentif pajak.

Menurut Menteri Perindustrian, Muhammad Suleman Hidayat, Toyota akan mengajukan permohonan tersebut bulan ini. Kemungkinan besar aplikasi ini akan diproses Kementerian Keuangan selama dua pekan. “Saya belum menjanjikan akan ada insentif, tapi permohonan ini akan diproses,” kata dia di kantornya, rabu 8 Februari 2012.

Perluasan pabrik di Karawang akan menambah kapasitas produksi dari 70 ribu unit per tahun menjadi 240 ribu unit per tahun. Jika investasi ini jadi dikucurkan tahun ini, pabrik itu bisa beroperasi pada 2013.

Hidayat mengatakan, Toyota menjanjikan sebagian besar produksi dari Indonesia akan diekspor. Negara yang menjadi tujuan yakni di Eropa, Afrika dan Timur Tengah.

Dengan investasi tambahan ini, akan ada tambahan serapan tenaga kerja dari 6.700 orang menjadi 7.500 orang. Pabrik baru ini akan membuat mobil Toyota Innova, Fortuner, dan beberapa produk baru.

GADI MAKITAN

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi