Daftar 10 Mobil Sehat dan Tak Sehat  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 16 Februari 2012 13:41 WIB
Mitsubishi Outlander Activ. themotorreport.com.au

TEMPO.CO, Michigan - The Ecology Center, lembaga penelitian kesehatan konsumen Amerika Serikat, melansir daftar mobil tersehat dan paling tak sehat di dunia. Kriteria kesehatan didasarkan pada material yang digunakan pabrikan untuk melapisi interior kendaraan.

Hasil studi yang dilakukan sepanjang 2011 itu menemukan lebih dari 275 bahan kimia berbahaya digunakan pabrikan untuk interior kendaraan buatan mereka. Beberapa bahan kimia itu bisa menyebabkan kanker, cacat pada bayi dalam kandungan, dan gangguan hati. Sayangnya tak ada aturan yang mewajibkan produsen mengecek efek material tersebut pada kesehatan konsumen.

Dari 900 kendaraan yang diuji, 204 di antaranya merupakan produksi tahun 2011-2012. Hasil penelitian ini pun menyebutkan Honda Civic 2012 menjadi mobil dengan tingkat kesehatan terbaik. Civic bebas dari bahan brom, kain bebas PVC serta bahan trim yang memiliki kandungan logam berat, dan alergen dalam kadar rendah. Setelah Civic, posisi berikutnya diisi Toyota Prius dan Honda CR-Z.

Di sisi lain Mitsubishi Outlander Sport (ASX di Australia), Chrysler 200, dan Kia Soul dinobatkan sebagai mobil paling tidak sehat. Mobil-mobil itu memiliki kandungan kimia berbahaya dan beracun dalam kadar tinggi. Outlander ternyata menggunakan bahan flame retardants dari bromin dan antimony pada kursi dan konsol tengah. Material pelapis kursi pun mengandung timbal hingga 400 part per million.

The Ecology Center mengatakan kandungan racun sebetulnya dapat dengan mudah dikenali melalui bau kimia yang menyengat, terutama pada interior mobil baru. Tak mengherankan jika lembaga ini kemudian mempopulerkan pameo "mobil paling bau ialah mobil yang paling beracun".

10 mobil tersehatHonda CivicToyota PriusHonda CR-ZNissan CubeAccura RDXAccura ZDXAudi S5Smart CoupeToyota VenzaSmart Passion

10 Mobil paling tak sehatMitsubishi OutlanderChrysler 200Kia SoulNissan VersaMazda CX 7Hyundai AccentChevrolet Aveo 5KIA SportageVW EosMini Cooper S Clubman

FERY FIRMANSYAH | CARADVICE

#Produksi Mobil

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi