Sebelum ke Jakarta, Mobil Esemka Akan Dikirab  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 17 Februari 2012 16:28 WIB
Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo mengendarai mobil dinas buatan siswa SMK, Kiat Esemka di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Selasa (3/1). TEMPO/Ukky Primartantyo

TEMPO.CO, Surakarta - Menjelang dibawa ke Jakarta, mobil Esemka dipersiapkan secara serius. Perbaikan tidak hanya dilakukan dari sisi fisik kendaraan seperti perbaikan lampu, pengisian freon AC, dan memperbaiki lecet di bodi, tetapi juga dari sisi spiritual.

Sebelum diberangkatkan ke Jakarta untuk menjalani uji emisi di Balai Termodinamika, Motor, dan Sistem Propulsi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Esemka akan dimandikan dengan air kembang atau yang biasa disebut jamasan atau dijamasi.

“Pokoknya tidak mau kalah dengan pusaka Keraton. Nanti sebelum ke Jakarta akan dijamasi dulu,” ujar Wakil Wali Kota Surakarta Hadi Rudyatmo, Jumat, 17 Februari 2012. Ritual jamasan akan dilakukan sebelum keberangkatan pada 24 Februari mendatang.

Selain mengharap keselamatan dan keberkahan, jamasan juga bertujuan membersihkan bodi mobil Esemka. Selesai dijamasi, Esemka akan dikarantina selama beberapa saat agar nantinya tampak berwibawa. “Nanti dikarantina sementara biar lebih berwibawa,” katanya.

Saat ini Esemka masih diperbaiki di bengkel Kiat Motor milik Sukiyat. Menurut Sukiyat, dalam pekan ini perbaikan sudah selesai dan mobil akan dikirim ke Solo. “Perbaikan dudukan lampu depan sudah selesai dilakukan,” ujarnya.

Rudyatmo mengatakan, setelah selesai diperbaiki, Esemka akan menjalani uji coba sekali lagi pada malam hari. Tujuannya untuk mengetes lampu apakah sudah benar-benar fokus menerangi marka jalan. Terkait rute uji coba, dia menerangkan kemungkinan dilakukan di tanjakan Tawangmangu, Karanganyar.

Esemka akan dikirab dalam kirab budaya hari jadi Surakarta pada Sabtu, 18 Februari 2012. Yang akan dikirab tidak hanya jenis sport utility vehicle (SUV), tapi juga double cabin, dan pick up.

UKKY PRIMARTANTYO

#Mobil Nasional

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi