Honda Recall 46 Ribu Odyssey
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 23 Februari 2012 11:07 WIB
netcarshow.com

TEMPO.CO, Detroit - Penarikan ulang (recall) kendaraan bermasalah kembali terjadi. Kali ini giliran Honda Motor Co yang me-recall 46 ribu minivan Odyssey di Amerika karena masalah pada komponen tuas pintu belakang.

Christian Science Monitor mengabarkan penarikan dilakukan pada Odyssey EX-L keluaran 2008 dan 2009 serta seri van Touring. Layanan perbaikan gratis akan dilakukan mulai 13 Maret mendatang.

Dalam pernyataan tertulisnya, manajemen Honda mengatakan telah menemukan potensi kerusakan pada komponen tailgate strut atau tuas engsel di pintu belakang serta akses bagasi. Agar mekanisme buka-tutup pintu mulus, batangan tuas yang digerakkan dengan sistem teleskopik itu diisi gas.

Rupanya gas dalam silinder ini rawan bocor sehingga pintu bisa macet. "Dua orang pengendara dilaporkan cedera gara-gara masalah ini," demikian pernyataan Honda, Kamis, 23 Februari 2012.

Potensi kerusakan ini, menurut Honda, terjadi pada saat komponen strut diproduksi. Saat ini seluruh unit Odyssey yang beredar di Amerika dirakit di pabrik Honda Lincoln, Alabama. Pabrik itu juga merakit truk pikap Honda Ridgeline.

Kasus ini bukan yang pertama kali menimpa Honda Odyssey. Pada 2010, 344 ribu minivan buatan 2007-2008 itu ditarik ulang karena masalah pengereman. Sedangkan tahun lalu, 33 ribu Odyssey di-recall karena kerusakan wiper atau kipas penyapu kaca.

FERY FIRMANSYAH

#Recall Anggota DPR

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi