NHTSA:Chevy Cruze dan Jeep Wrangler Rawan Terbakar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 2 April 2012 20:23 WIB
theweeklydriver.com/Jim Frenak

TEMPO.CO, Detroit - Otoritas Keselamatan Transportasi Jalan Raya Amerika (NHTSA) segera memerintahkan penarikan (recall) sedan Chevrolet Cruze dan SUV Jeep Wrangler buatan tahun 2010 hingga 2011. Upaya itu dilakukan setelah dua mobil itu dilaporkan rawan terbakar dan membahayakan pengemudi.

MSNBC  mengabarkan, NHTSA menerima dua laporan kebakaran Cruze bulan lalu. Kebakaran itu terjadi salah satunya saat sedan itu tengah meluncur di jalan raya.

Dalam situs NHTSA ditulis, seorang pengemudi yang mengendarai Cruze Eco buautan 2011 tengah menempuh jaak sejauh 30 mil. Tiba-tiba asap mengepul dari bagian bawah mobil dan tak lama kemudian muncul percikan api. Dalam lima menit mobil gres itu lumat dilalap api. "Beberapa saat setelah peringatan kebakaran pada dashboard menyala," kata si pengemudi yang identitasnya dirahasiakan.

Selain Cruze, NHTSA juga menerima laporan 8 kasus kebakaran Jeep Wrangler keluaran tahun 2010. SUV mewah itu dilaporkan terbakar saat meluncur di jalan raya. Empat diantaranya hancur total.|

Salah satu pemilik Wrangler bercerita, api muncul saat ia menghidupkan mesin mobil. Api itu muncul dari luar kabin, kemungkinan dari area mesin. Kebakaran makin hebat saat api menjilat sebagian cairan bensin yang bocor. "Saya mencoba memadamkan api dengan air, tapi tidak berhasil. Dalam beberapa menit mobil itu hancur total," tutur si pemilik, seperti dikutip dari dokumen NHTSA.

Menanggapi masalah ini, produsen Cuze, General Motors Co, mengatakan akan bekerjasama dengan NHTSA untuk menyelidiki masalah ini. Menurut juru bicara GM, Alan Adler, jumlah Chevrolet Cruze 2011 yang beredar di pasaran mencapai 177 ribu unit.

Sedangkan juru bicara Chrysler Group, Nick Cappa mengatakan, perusahaannya mengetahui insiden terbakarnya Wrangler. Namun menurut dia kasus kebakaran itu bisa saja terjadi karena berbagai alasan, termasuk hal-hal yang tak ada hubungannya dengan produksi kendaraan. "Bisa saja kasus itu terjadi karena kendaraan itu jarang dirawat atau karena pemasangan produk aftermarket yang salah," katanya.

Chrysler saat ini sudah menjual 131 ribu unit Wrangler 2010 di seluruh dunia. Cappa menegaskan, Wrangler 2010 sudah memenuhi semua standar keselamatan yang berlaku di seluruh dunia.

FERY FIRMANSYAH

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi