Rosberg Raih Pole Position, Schumacher Kedua
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 14 April 2012 16:45 WIB
Nico Rosberg. REUTERS/Brandon Malone

TEMPO.CO, Shanghai - Pembalap Mercedes Nico Rosberg meraih posisi start terdepan di Grand Prix Cina. Rosberg menjadi pembalap tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Shanghai International Circuit, Sabtu, 14 April 2012. Ia mencatat waktu 1 menit 35,121 detik. Sepanjang karier balapnya, inilah pertama kali Rosberg meraih pole position.

Rekan setim Rosberg yang menduduki posisi ketiga pada kualifikasi, Michael Schumacher, akan start di belakang Rosberg. Sebab pembalap McLaren Lewis Hamilton, yang menjadi runner up, di kualifikasi terkena penalti turun lima peringkat.

Hamilton dijatuhi penalti karena mengganti gearbox yang rusak sesaat sebelum sesi latihan bebas pertama, Jumat, 13 April 2012. Penggantian yang mendadak dan tanpa pemberitahuan itu membuat FIA menjatuhkan hukuman kepada Hamilton.

"Ini perasaan yang luar biasa. Fantastis!" kata Rosberg dengan wajah berseri-seri. Rosberg berhasil mengungguli Hamilton dengan terpaut 0,305 detik. Padahal Hamilton merupakan juara Grand Prix Shanghai musim 2008 dan tahun lalu.

Meski dikalahkan Rosberg, Hamilton merasa senang. "Selamat untuk Nico. Ini fantastis," ujar juara Formula 2008 itu. Ia pernah satu tim dengan Rosberg ketika masih membalap di seri junior pada 2000. "Saya sangat bangga padanya. Kami tumbuh bersama, berlari bersama-sama, dan selalu bermimpi tampil di Formula Satu."

Rosberg juga mendapat selamat dari Schumacher. "Saya mengatakan bagus karena itu adalah catatan waktu lap yang fenomenal," kata pembalap asal Jerman berusia 43 tahun yang sudah mencatat prestasi tujuh kali juara dunia. "Ini sedikit mengejutkan. Tapi kamu harus terus melangkah. Dia memang dikenal pembalap yang bagus di sesi kualifikasi. Saya senang untuknya."

REUTRES | RINA WIDIASTUTI

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi