Toyota Bakal Pasarkan Rush dan Terios di Amerika
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 1 Mei 2012 20:53 WIB
Toyota New Rush (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Alabama - Toyota Motor Co membuka kemungkinan untuk memasarkan SUV buautan Indonesia, Rush dan Terios, di Amerika Serikat tahun ini. Upaya ini dilakukan bersama perusahaan afiliasinya, Daihatsu, yang selama ini merakit dua mobil kembar tersebut.

Laman situs usatoday.com mengabarkan, dua SUV kembar itu bakal dipasarkan Toyota untuk menggantikan varian Scion XB dan XD. Produksi Scion di negeri abang sam itu bakal dihentikan karena angka penjualannya terus anjlok. "Inilah dua kandidat mobil yang menjanjikan untuk Amerika, subkompak Toyota Rush atau Daihatsu Terios," demikian USA Today menulis.

Sayangnya manajemen Toyota Motor Co belum memberi penjelasan mengenai masalah ini. Tak diketahui juga dari mana pabrikan itu akan memenuhi pasokan Terios dan Rush untuk Amerika. Selama ini, kedua mobil kembar itu hanya diproduksi di Indonesia dan dipasarkan di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Saat dikonfirmasi, Public Relation Manager PT. Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat, mengaku belum mengetahui kabar tersebut. Menurut dia, spesifikasi Rush dan Terios yang diproduksi di Indonesia belum tentu cocok untuk pasar Amerika. "Tapi nanti mungkin ada kabar lebih lanjut dari prinsipal kami," kata dia kepada Tempo, Selasa 1 Mei 2012.

Toyota Astra Motor merupakan agen tunggal pemegang merk Toyota di Indonesia yang menangani pemasaran dan produksi Rush maupun Terios.

Saat ini, kata Rouli, Terios dan Rush dibuat di pabrik milik PT Astra Daihatsu Motor. Dalam sebulan, mobil itu rata-rata laku hingga 2 ribu unit. Sebagai gambaran pada Januari 2012 Rush laku hingga 2.624 unit.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi