Rawan Terbakar, Suzuki Swift Di-'recall'  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 9 Mei 2012 12:40 WIB
Suzuki Swift (www.netcarshow.com)

TEMPO.CO, Tokyo - Suzuki Motor Corp (SMC) mengumumkan penarikan kembali (recall) 109 ribu unit sedan buntung (hatchback) Swift buatan 2010 hingga 2012 yang beredar di seluruh dunia. Mobil yang juga dirakit oleh mitra Suzuki di India, Maruti Suzuki, ini ditarik karena adanya potensi kebocoran bensin yang bisa menyebabkan kebakaran.

Dari ratusan ribu mobil yang di-recall itu, 55.146 di antaranya dijual di Jepang. Sisanya, sebanyak 53.801 unit, beredar di Australia, Meksiko, dan Eropa. Manajemen SMC Jepang mengatakan masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada selang bensin dan seal tangki bahan bakar.

"Rusaknya dua komponen itu bisa menyebabkan bahan bakar bocor," demikian pernyataan Suzuki seperti dikutip dari New York Daily News, Rabu 9 Mei 2012.

Hingga saat ini ada 4 kasus kebocoran yang terjadi di Jepang. Namun masalah ini tak menimbulkan korban. Untuk mengatasi masalah ini SMC mengatakan akan memerintahkan produsen dan dealer di semua negara untuk melakukan perbaikan.

Masalah ini bukan yang pertama kali menimpa Suzuki Swift. Maret 2012, 93 ribu unit sedan mungil ini di-recall karena masalah pengisian bensin. Dari total unit yang ditarik, 45 ribu di antaranya beredar di Jepang.

Sementara itu, Maruti Suzuki India mengatakan masalah ini tak berpengaruh pada hatchback Swift yang mereka produksi. Maruti memproduksi Swift versi baru dengan platform yang berbeda.

FERY FIRMANSYAH

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi