Airbag Bermasalah, Hyundai Tarik Sedan Elantra
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 11 Juni 2012 14:05 WIB
Hyundai Elantra. carreview.com

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai Motor Co, menarik 100 ribu unit sedan kecil, di antaranya varian Elantra yang dipasarkan di Cina. Mobil-mobil itu ditarik dari pasaran lantaran komponen kantong udara penyelamat (airbag) bermasalah.

Seperti dikutip dari Lembaga Pengawas Kualitas, Inspeksi, dan Karantina Cina, jumlah Elantra yang ditarik dari pasaran mencapai 97.452 unit. Di Cina, mobil itu dipasarkan dengan nama Elantra Yuedong lantaran dibuat Hyundai bersama rekanan lokal mereka di Cina, Beijing Automotive Industry Holding. Versi yang ditarik ialah buatan 16 Maret 2008 hingga 25 Januari 2010.

Otoritas pengawas mengatakan penarikan itu dilakukan setelah ada kejadian serius yang menimpa kantong udara Elantra Yuedong. Kantong udara yang seharusnya menggelembung saat terjadi kecelakaan malah berkembang saat mobil berada di lapangan parkir. Pada peristiwa lain, kantong udara sedan itu dilaporkan mengembang saat mobil melaju dalam kecepatan rendah.

"Dari sekian banyak keluhan yang kami terima, beberapa di antaranya menyebabkan luka-luka," demikian pernyataan lembaga itu, Senin, 11 Juni 2012.

Namun belum diketahui berapa banyak peristiwa kerusakan kantong udara Hyundai yang pernah terjadi di Cina. Pihak Hyundai pun belum mengomentari masalah ini.

FERY FIRMANSYAH

Berita lain:Gebyar Piala Eropa 2012Pindad Diminta Pasok Motor Listrik untuk Mobil NasionalInden Mobil untuk Lebaran Meningkat500 Biker Meriahkan Jambore Nasional Honda RevoLangka, Porsche 911 Club Dibanderol Rp 1,75 MiliarPeugeot Luncurkan City Car Terbaru

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi