Rio Finis Posisi 5 di Feature Race GP Valencia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 23 Juni 2012 23:57 WIB
Pembalap Indonesia Pertamina GP2 Rio Haryato berpose sebelum berlaga di balap GP2 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (13/5). ANTARA/Yudhi Mahatma

TEMPO.CO, Valencia - Pembalap Pertamina GP2 Marussia Carlin, Rio Haryanto tampil apik saat berlaga di GP2 Series Valencia, Sabtu 23 Juni 2012. Start dari posisi ke-10, Rio terus merangsek ke depan hingga mampu finis di urutan ke-5. Balapan kali ini berlangsung sengit selama limit waktu sejam. Lomba balap ini dimenangkan oleh  Esteban Gutierrez dari Lotus GP.

Banyak terjadi aksi tubruk-menubruk hingga menyebabkan beberapa pembalap kecelakaan dan safety car terpaksa masuk ke lintasan hingga empat kali. Beberapa pembalap mengalami kecelakaan akibat aksi sengol-senggolan, antara lain Crestani, Jolyon Palmer, Rodolfo Gonzales dan Tom Dillman.

Rio berhasil menjalankan start dengan baik. Pembalap asal Solo ini terus bergerak ke depan hingga mampu memperbaiki posisinya menjadi urutan ke-8 di akhir putaran pertama. Pada lap ke-3, pembalap belakangnya Johnny Ceccoto terus memberikan tekanan. Namun, ia berhasil mengamankan posisinya.

Saking kuatnya tekanan, Rio memutuskan membuka jalan kepada Ceccoto yang melakukan manuver dari sisi dalam tranck. Dia mengambil langkah itu untuk menghindari resiko kerusakan mobilnya. Manuver yang dilakukan Ceccoto dianggap berbahaya sehingga terkena penalti 10 detik.

"Di lap ketiga ketika saya sedang berusaha memperbaiki posisi untuk menyusul Leimer dan Razia, saya sempat bertahan dari upaya serangan Johnny Ceccoto yang menggunakan momentum yang lebih baik, yang akhirnya menyusul saya dari sisi dalam lintasan," kata Rio dalam keterangan persnya, usai balapan.

Rio mengaku puas dengan hasil yang diraih hari ini. Dengan hasil ini, ia mendapat tambahan 10 poin sehingga posisinya berada di peringkat ke-15 klasemen sementara dengan 26 poin. Pada balapan sprint, Minggu 24 Juni 2012, Rio akan start dari posisi keempat.

RINA WIDIASTUTI

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi