Baru Meluncur Sebulan, Sedan Chevy Cruze Di-recall
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 25 Juni 2012 12:44 WIB
Chevrolet Cruze (Dok. General Motors)

TEMPO.CO, Detroit - General Motors Co menarik ulang 413.418 unit sedan Chevrolet Cruze lantaran kesalahan pemasangan pelindung mesin dan tangki bahan bakar mulai bulan ini. Ironisnya, sebagian dari sedan yang di-recall itu merupakan buatan Mei 2012 yang baru saja masuk dealer awal bulan ini.

Laman autonews.com mengabarkan General Motors terpaksa me-recall Chevrolet Cruze untuk memperbaiki lempengan metal pelindung mesin yang berada di kolong mobil. Hal itu dilakukan setelah pabrikan terbesar di dunia itu mendapat 249 laporan mengenai kerusakan tangki bensin dan komponen mesin lantaran perisai metalnya tak dilas dengan baik.

Kesalahan pemasangan perisai ini bisa mengakibatkan mobil terbakar. Tak adanya pelindung membuat mesin rawan terkena gesekan dan bocor. Tumpahan oli mesin atau pelumas transmisi yang tersambar percikan api bisa memicu kebakaran.

Lantaran masalah ini Vice President Bidang Kualitas Produk General Motors, Alicia Boler-Davis, meminta maaf kepada para pengguna Chevrolet Cruze. "Hal terpenting adalah konsumen harus tahu bahwa kami proaktif menyelesaikan masalah ini," ujarnya, Senin 25 Juni 2012.

Sebagian besar Chevrolet Cruze yang di-recall merupakan hasil rakitan pabrik General Motors di Lordstown Ohio Amerika Serikat. Mobil yang dibuat dalam kurun waktu September 2010 hingga Mei 2012 itu kini beredar di seluruh dunia.

Di Amerika, recall mobil yang rawan kebakaran sudah beberapa kali terjadi pada kuartal pertama tahun ini. Awal Juni, Otoritas Keselamatan Lalu lintas (NHTSA) menarik 5 juta Jeep Compass dan Grand Cherokee karena kesalahan pemasangan tangki bensin. Lembaga itu pun kini menyelidiki potensi kebakaran pada 1,4 juta Toyota Camry dan RAV4 karena gesekan komponen power window.

FERY FIRMANSYAH

Berita TerkaitBanyak Diekspor, Motor Klasik Semakin LangkaIni Cara GM Bangun Pabrik Ramah LingkunganPenjualan Audi Tumbuh 12,1 PersenBMW Luncurkan Sedan Seri 3 Generasi KeenamLangka, Porsche 911 Club Dibanderol Rp 1,75 MiliarPeugeot Luncurkan City Car TerbaruXenia Attivo dan Terios Raih Best Buy Award 2012Auto2000 Buka Dealer Baru di Permata Hijau

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi