Bus Listrik LIPI Bakal Beroperasi di Jakarta
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 26 Juni 2012 22:33 WIB
rombongan Menristek melintasi Monas dan berakhir lagi di gedung BPPT, Jakarta, (26/06). Mobil Listrik Nasional ini mampu membawa 15 orang penumpang dengan kecepatan maksimum 100 km/jam dan berjalan sejauh 150 KM dengan sekali pengisian 500 Ampere. Tempo/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Bus listrik buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia segera memasuki tahap produksi massal. Menurut Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Rudi Rubiandini, bus ini akan mengaspal pertama kali di Jakarta. "Karena infrastruktur jalan raya dan sambungan listriknya sudah bagus," kata dia, Selasa 26 Juni 2012.

Rudi mengatakan pihaknya akan menyediakan tempat pengisian listrik untuk mendukung armada bus ini. Sedangkan Kementerian Perhubungan akan memesan bus ini untuk armada angkutan dalam kota. Dengan kecepatan maksimal 100 kilometer per jam dan jarak tempuh maksimal 150 kilometer, ia optimistis bus ini akan berhasil menjadi moda transportasi baru di dalam kota.

"Meski mahal biaya itu harus kita bayar karena buatan dalam negeri," ujarnya.

Menurut Rudi mobil listrik ini juga bisa mengubah posisi Indonesia sebagai pengimpor energi. Pasalnya, mobil listrik ini mendukung diversifikasi energi. "Sumber listriknya bisa dari mana saja, mulai dari minyak, panas bumi atau matahari," ucapnya.

Selepas menjalani Fun Driving dari kantor Badan Pengkajian Penerapan Teknologi di jalan MH Thamrin Jakarta Pusat hingga Bundaran Monas, Rudi mengatakan bus ini cukup unggul. Getaran mesin bus ini cukup halus dan tak menimbulkan suara berisik. Namun masih ada hal yang mesti diperbaiki. "Hanya perlu perbaikan kecil seperti jendela dan aksesoris." katanya.

Harga bus listrik LIPI diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar, tiga kali lipat diatas mobil biasa. Bus yang wujudnya mirip mikro bus Isuzu Elf atau Mitsubishi Colt Diesel ini menggunakan baterai lithium 100 cell agar bisa meluncur dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

BERNADETTE CHRISTINA

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi