Karpet Lengket, SUV Lexus RX Ditarik  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 2 Juli 2012 13:15 WIB
Desain eksterior, depan dan belakang, All New Lexus RX 350 (Dok. Lexus)

TEMPO.CO, Detroit - Gara-gara alas karpet kabin yang mudah lengket, Otoritas Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) menarik 154.036 unit SUV Lexus RX di seluruh dunia. Masalah ini dinilai cukup serius lantaran bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Seperti dikutip dari MSNBC, Senin, 2 Juli 2012, recall dilakukan pada Lexus RX buatan 28 November 2008 dan 1 September 2010. Dari jumlah itu, 131.799 unit di antaranya merupakan varian terbaru Lexus RX 350s dan 22.237 lainnya merupakan varian hibrida RX450h.

Recall ini merupakan kelanjutan dari upaya serupa pada November 2009, yang menimpa 4 juta unit SUV Toyota dan Lexus. Mobil-mobil tersebut ditarik lantaran karpet lantai yang terbuat dari karet tak terpasang sempurna dan kerap menempel pada bodi.

Dalam beberapa kasus, karpet itu tersangkut pada pedal gas, kopling, dan rem, sehingga mengganggu pengendalian mobil. “Jika masalah itu terjadi saat mobil melaju kencang, bisa terjadi kecelakaan fatal,\" demikian pernyataan NHTSA.

Manajemen Lexus mengatakan segera memperbaikinya pada Agustus 2012. Karpet mobil dan akselerator pedal yang mengalami kerusakan akan diganti secara cuma-cuma.

FERY FIRMANSYAH

Berita lain:Nissan Siapkan Sistem Bebas MacetMobil Gas Butuh Infrastruktur Penunjang5 Persen Mobil di Italia Sudah Gunakan BBGProdusen Italia Siap Pasok Converter KitHino Kucurkan Investasi Rp 11,8 Triliun

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi