Suspensi Gampang Karatan, SUV Isuzu Di-recall  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 12 Juli 2012 13:25 WIB
autoevolution.com

TEMPO.CO, Detroit - Lantaran masalah karat, Isuzu Motor Company terpaksa menarik 11 ribu unit SUV Rodeo dan Amigo yang beredar di seluruh dunia. Mobil yang ditarik dari peredaran merupakan buatan 1998 hingga 2002.

Dalam dokumen yang dirilis Otoritas Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) disebutkan SUV Amigo dan Rodeo mengalami masalah pada suspensi bagian belakang.

Dudukan metal untuk peredam kejut dua mobil itu rentan terhadap karat yang disebabkan oleh kandungan garam atau uap air di udara. Akibatnya peredam kejut yang menyangga roda bisa tiba-tiba copot saat mobil tengah melaju.

"Masalah ini bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas," demikian pernyataan NHTSA seperti dikutip dari MSNBC, Kamis 12 Juli 2012.

Amigo dan Rodeo yang terkena recall saat ini beredar di 21 negara bagian di Amerika Serikat, di antaranya Washington, Maine, New Hampshire, dan Iowa. Warga di kawasan tersebut diketahui kerap menggunakan garam untuk mencairkan salju di jalan raya.

NHTSA pun memerintahkan dealer-dealer Isuzu untuk melakukan inspeksi pada seluruh unit Amigo dan Rodeo yang telah beredar di pasaran. Pabrikan itu dikenai kewajiban mengganti dudukan peredam kejut yang rusak serta melapisinya dengan bahan antikarat.

Jika kerusakan sudah sangat parah, Isuzu bisa dikenai kewajiban membeli kembali mobil yang telah mereka jual berdasarkan harga acuan katalog otomotif Kelley Bluebook. Hingga saat ini belum ada keterangan dari Isuzu untuk menanggapi masalah ini.

FERY FIRMANSYAH

Berita lain:Juara Mobil Irit dari ITB Masih BerhutangSemester I, Penjualan Honda Naik 20 PersenPenjualan Ford Indonesia Naik 51 PersenPemerintah Minta Dealer Angkut Pemudik BikersHonda Optimistis Penjualan Naik di IIMS 2012

#Recall Anggota DPR

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi