Ini Penyebab Mogoknya Mobil Listrik Dahlan Iskan
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 16 Juli 2012 13:30 WIB
Perancang mobil listrik Dasep Ahmadi mengisi ulang baterai mobil listrik jenis city car rancangannya di pabrik PT. Sarimas Ahmadi Pratama, Jatimulya, Depok, Jabar, Senin (16/7). ANTARA/Andika Wahyu

TEMPO.CO, Jakarta - Mobil listrik Ahmadi yang dikendarai Menteri Badan Usaha Milik Negara sempat mogok dua kali selama perjalanan dari Depok, Jawa Barat, menuju Jalan Thamrin, Jakarta. Mobil melaju dalam kondisi baterai tak terisi sempurna.

Perancang mobil listrik, Dasep Ahmadi, mengatakan mobil listrik bergerak sempurna selama perjalanan menuju gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. Namun, beberapa meter menjelang tujuan, mobil kehilangan tenaga. Akibatnya, mobil terpaksa melambat sebanyak dua kali.

"Baterai belum kami isi penuh," ujar dia saat ditemui Tempo di Jalan Thamrin, Jakarta, Senin, 16 Juli 2012. "Melambat karena kehilangan tenaga."

Kemarin malam menjadi saat genting bagi Dasep dan mobil listriknya. Untuk pertama kali, mobil ini akan merayap ke kota dengan lalu lintas padat seperti Jakarta. Jarak tempuh juga cukup jauh, yaitu mencapai 35 kilometer. Sopir perjalanan ini juga orang spesial, yaitu Menteri Dahlan, yang selama ini vokal mempromosikan mobil listrik kepada masyarakat.

Itu sebabnya dia bersama beberapa teknisi bekerja keras memastikan mesin bekerja baik. Begitu pula dengan sistem elektronik, yang dipastikan aman dan tak mengalami kerusakan selama perjalanan.

"Kami capek sekali sampai lupa charging," ujar dia sambil menenggak sebotol minuman rasa jeruk yang dibawakan anak buahnya. "Baterai terisi tak sampai 50 persen."

Mobil Ahmadi hingga pukul 12.45 WIB masih diparkir di jalur pejalan kaki di depan gedung Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Lima orang teknisi sibuk memeriksa baterai dan interior mobil. Beberapa orang pejalan kaki tampak mengerubungi dan melihat-lihat mobil listrik itu.

Dahlan Iskan yang berangkat kerja menggunakan mobil listrik itu kini beralih moda transportasi. Menurut Dasep, Menteri BUMN berangkat ke sebuah acara di tempat lain menggunakan kereta api.

ANTON WILLIAM

Berita terpopuler lainnya:Gaya Dahlan Iskan ''Kerjai'' Bupati Subang Megawati Kehilangan Avanza di MonasJokowi-Ahok Diserang Kampanye SARAJokowi Hanya Punya Rp 15 Juta untuk ''Mengebom''  Berkah Jokowi Cium Tangan Taufiq KiemasBesok, Dahlan Iskan Ngantor Dengan Mobil Listrik

#Sensor untuk Mobil
#Kementerian BUMN
#Dahlan Iskan

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi