GM Kembangkan Sistem Wi-Fi Pemandu Pengemudi
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 30 Juli 2012 21:32 WIB
General Motors Logo (Dok. GM)

TEMPO.CO, Detroit - Produsen mobil asal Amerika Serikat, General Motors, mengembangkan teknologi pemandu pengendara yang juga dirancang untuk melindungi para pejalan kaki, pemakai sepeda dan pengguna jalan lain. Teknologi ini menggunakan basis koneksi nirkabel Wi-Fi dan jaringan telepon selular.

Laman situs caradvice.com mengabarkan, teknologi ini akan dipasarkan GM sebagai paket standar keselamatan kendaraan mereka di masa mendatang. Selain sistem pemandu pengemudi, teknologi yang belum diberi nama ini bisa dimanfaatkan untuk transfer data, musik, phone book ponsel, sistem navigasi serta informasi manajemen lalu lintas.

"Sistem ini merupakan langkah lanjut dalam pengembangan infrastruktur kendaraan," kata Direktur Riset dan Pengembangan GM, Nady boule, Senin 30 Juli 2012.

Cara kerja alat ini cukup sederhana. Mobil akan dipasangi detektor Wi-Fi untuk melacak keberadaan sinyal ponsel dalam radius 200 meter. Sinyal yang dipancarkan pejalan kaki atau pengendara sepeda pun ditangkap oleh pengemudi sebagai peringatan bahwa ada objek lain di dekat mereka. Peringatan ini bisa mencegah tabrakan antara mobil dengan pejalan kaki atau pengendara sepeda.

Belum diketahui berapa biaya yang dikeluarkan GM untuk mengembangkan teknologi ini. Harga jual dan pengaplikasiannya dalam mobil-mobil lansiran GM pun belum diketahui. Yang jelas, GM optimistis alat ini bisa melindungi 4.280 pejalan kaki dan 618 pengguna sepeda yang memadati jalanan Amerika setiap harinya.

FERY FIRMANSYAH

#Sensor untuk Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi