Oktober, Daihatsu Operasikan Pabrik Baru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Kamis, 6 September 2012 19:37 WIB
Perakitan mobil di PT Astra Daihatsu Motor. TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta - PT Daihatsu Astra Motor bakal mengeksekusi rencana penambahan pasokan produk bulan depan. Menurut Presiden Direktur Daihatsu Astra Sudirman Maman Rusdi rencanan itu bisa terwujud lantaran pabrik baru di Karawang sudah rampung dan siap beroperasi.

"Pada Oktober, pabrik itu bakal memproduksi 500 unit mobil," kata dia di Jakarta, Kamis 6 September 2012.

Pabrik yang menelan investasi hingga Rp 2,1 triliun itu memiliki kapasitas produksi 5 ribu unit mobil per bulan. Menurut Sudirman, instalasi produksi seluas 70 ribu hektare tersebut akan merakit mobil low Multi Purpose Vehicle Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

"Sebagian besar produknya bakal dialokasikan untuk pasar domestik," ujarnya.

Sebelum pabrik ini dibangun, Daihatsu hanya mengandalkan area perakitan di Sunter, Jakarta Utara, yang memiliki kapasitas maksimal 330 ribu unit per tahun. Sudirman mengatakan, terbatasnya lahan membuat skala produksi pabrik itu tak bisa dikembangkan.

"Padahal permintaan produk kami cukup tinggi," katanya.

Sepanjang 2011, pabrik Daihatsu Sunter memproduksi 373.395 unit kendaraan untuk merek Daihatsu dan Toyota. Dari jumlah itu, 14 persen dipasarkan ke luar negeri. Hingga Agustus 2012, penjualan produk Daihatsu mencapai 106.605 unit atau naik 83,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2011 sejumlah 89 ribu unit.

DIMAS SIREGAR

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi