Produsen Interior Mobil Terbesar di Eropa Kolaps  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 13 November 2012 11:01 WIB
Interior bagian depan mobil Bentley Mulsanne Executive tidak berbeda jauh dengan interior mobil Bentley pada umumnya, yang membedakan hanya pada bagian bangku penumpang belakang. dailymail.co.uk

TEMPO.CO, Paris - Faurecia, perusahaan pembuat interior mobil terbesar di Eropa melakukan pemangkasan karyawan besar-besaran. Hal ini dilakukan setelah Faurecia kolaps lantaran lesunya pasar kendaraan di Benua Biru itu.

Laman autonews.com mengabarkan, Faurecia akan merumahkan tiga ribu karyawan di Prancis dan beberapa negara Eropa lain atau setara 7,5 persen dari seluruh tenaga kerjanya. Langkah ini akan dilanjutkan pada 2013 dengan merumahkan 1.500 karyawan.

Menurut Direktur Utama Faurecia, Yann Delabriere, rasionalisasi karyawan akan menghemat pengeluaran hingga US$ 127 juta pada 2012 dan US$ 90 juta pada 2013. Hal ini terjadi setelah perusahaan itu mengalami kerugian operasional yang signifikan.

"Kami bertekad untuk menyelesaikan masalah ini tahun depan," kata dia dalam acara pertemuan dengan investor, Selasa, 13 November 2012.

Faurecia yang 57 persen sahamnya dikuasai oleh Peugeot PSA merupakan supplier kelas kakap dengan nilai penjualan US$ 22,5 miliar pada 2011. Dengan perlambatan pasar kendaraan di Eropa, tahun ini Faurecia memangkas outlook profit, dari 7 persen menjadi 5 persen. Agar bisa bertahan, perusahaan ini mencoba peruntungan dengan meng-endorse pabrikan-pabrikan mobil non-Eropa.

Rasionalisasi karyawan akibat anjloknya pasar mobil di Eropa juga dilakukan pabrikan lain. Pada Oktober 2012, General Motors Co akan merumahkan 2.600 karyawan, sedangkan Ford Motor Co menutup pabrik di Inggris dan Belgia dan memecat 6.200 staf. Rasionalisasi terbesat dilakukan Peugeot yakni sebanyak 8 ribu orang.

FERY FIRMANSYAH

Baca juga:Pecahkan Rekor, Daihatsu Ganti Oli 1.675 MobilProduksi Daihatsu Ayla Tunggu InsentifProdusen Sasis Jerman Incar Pasar IndonesiaSambut IIMS 2012, BII Finance Siapkan Bunga MurahPenjualan Mobil di Kuartal III Melemah

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi