Honda Kembangkan Sistem Pengecatan Irit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 17 Desember 2012 19:59 WIB
Fasilitas pengecatan Honda menggunakan robot. (istimewa)

TEMPO.CO, Tokyo - Inovasi baru dikeluarkan Honda Motor Co. Pabrikan mobil yang bermarkas di Tokyo Jepang ini membuat sistem serta material pewarna yang efisien sekaligus ramah lingkungan bernama Honda Smart Ecological Paint (Honda S.E. Paint).

Dalam keterangan tertulis yang diperoleh Tempo, manajemen Honda mengatakan teknologi baru ini mulai digunakan oleh Yorii Plant, Saitama Jepang pada Juli 2013. "Yorri Plant akan menjadi pabrik yang hemat energi dan ramah lingkungan." demikian pernyataan Honda, Senin 17 Desember 2012.

Sistem Honda S.E Paint diklaim bisa mempercepat proses pengecatan lantaran menghilangkan proses pelapisan tengah (middle coat). Seperti diketahui, dalam sistem pengecatan konvensional, produsen mobil melakukan empat proses pelapisan yang terdiri dari electrodeposit coat, middle coat, water-based coat, dan clear coat. Proses ini ditutup dengan tiga kali pengeringan.

Namun dalam sistem Honda S.E Paint, Honda mengembangkan material berdaya guna tinggi sebagai pewarna dasar yang juga digunakan pada proses pelapisan akhir. Material ini bisa menghasilkan warna apapun dalam tiga lapis pengecatan dan dua kali pengeringan. Dengan demikian proses pelapisan tengah tak lagi diperlukan.

Selain itu, Honda juga mengembangkan sistem pengecatan robotik baru bernama Wall-Mounted Paint Robot System. Sistem ini didukung teknologi built-in quick load / quick wash paint tank sehingga bahan cat bisa dihemat 40 persen. Sistem ini pun lebih ramah lingkungan karena polutan karbondioksida (CO2) yang dihasilkan selama proses pengecatan berkurang hingga 40 persen.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi