Airbag Bermasalah, Honda Tarik 748 Ribu MPV
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 21 Januari 2013 14:11 WIB
Honda Odyssey. Cardbs.com

TEMPO.CO, Detroit - Honda Motor Co. menarik 748 ribu unit Multi Purpose Vehicle (MPV) Odyssey dan Pilot mulai akhir Januari 2013. Penarikan besar-besaran ini dilakukan lantaran ada potensi masalah pada komponen kantung udara penyelamat (airbag) dua mobil tersebut.

The Detroit Bureau mengabarkan, Honda menarik Pilot seri 2009-2013 dan Odyssey versi 2011 dan 2013. Dari seluruh kendaraan yang akan ditarik, 29 ribu di antaranya berada di Amerika Serikat dan Kanada. Selebihnya tersebar di seluruh dunia.

Dalam pernyataan tertulis, manajemen Honda mengatakan penarikan dua mobil itu dilakukan lantaran ada kesalahan saat perakitan airbag. Teknisi produsen asal Jepang itu rupanya lalai memasang baut pengencang tutup airbag di sisi pengemudi.

Karena beberapa baut tak terpasang, airbag tersebut tidak bisa mengembang sempurna saat terjadi kecelakaan. "Hal ini meningkatkan risiko luka berat saat mobil bertabrakan," demikian pernyataan Honda, Ahad, 20 Januari 2013 waktu setempat.

Dalam dua tahun terakhir, Honda terus dihantam isu penarikan. Selain airbag, masalah lain yang menimpa mobil Honda adalah risiko kebakaran. Sepanjang 2012, Honda telah menarik 3,9 juta mobil di seluruh dunia. Honda pun menjadi "juara penarikan" kedua setelah Toyota Motor Corp yang menarik 5,3 juta mobil dan truk.

FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil
#Honda

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi