2014, Datsun Masuk Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 30 Januari 2013 19:47 WIB
Logo Datsun. autoevolution.com

TEMPO.CO, Yokohama - Nissan Motor Co akan memasarkan produk kendaraan murah dengan label Datsun di Indonesia, Rusia dan India mulai 2014. Pemasaran Datsun akan dilakukan oleh perusahaan agensi periklanan dan marketing asal Amerika Serikat, TBWA Worldwide.

Corporate Vice President Datsun Business Unit, Vincent Cobee, mengatakan penunjukkan TBWA sesuai dengan rencana pengembangan Datsun sebagai merk global Nissan untuk kendaraan murah. Datsun bakal memenuhi keinginan konsumen akan kendaraan berkualitas tinggi seperti yang telah dilakukan saat pertama kali meluncur pada 1932. "The New Datsun akan memenuhi harapan masyarakat,” kata dia melalui keterangan tertulis kepada Tempo, Rabu 30 Januari 2013.

Datsun akan memperkenalkan produk pertamanya pada pertengahan 2013. Namun belum diketahui, varian apa yang akan meluncur pertama kali. TBWA Worldwide akan mengendalikan bisnis Datsun dari London, Inggris dan kantor afiliasinya di Tokyo, TBWA HAKUHODO, mempersiapkan dukungan operasional bagi tim Datsun di Jepang.

Menurut President TBWA Worldwide Tom Carroll, kerjasama denga Nissan merupakan sebuah kehormatan lantaran ibarat mengembalikan "ikon" yang sudah lama hilang. TBWA, kata dia, siap mengembalikan nama besar Datsun dengan makna baru bagi pelanggan di masa mendatang. "Dunia sudah berubah, dan kami sangat bangga dapat terpilih untuk mendukung Datsun," ujarnya.

Merk Datsun dirintis di Jepang pada 1914. Saat itu, DAT Car atau cikal bakal mobil Datsun dirakit oleh Kwaishinsha Motor Works milik Masujiro Hashimoto. Pada 1926, Kwaishinsha menjalin kongsi dengan Jitsuyo Jidosha membentuk merk DAT Jidosha Seizo. Perusahaan inilah yang membuat mobil Datsun pertama pada 1932.

Ikatan Datsun dengan Nissan terjadi pada 1933. Saat itu, pengusaha Yoshisuke Aikawa mengakuisisi Datsun dan mendirikan Nissan Motor Co. Nissan membangun pabrik perakitan mobil pertama di Jepang pada 1935 dan menelurkan produk Datsun 14. Merk Datsun pun terus berkembang sebelum kemudian ditutup pada 1981.

FERY FIRMANSYAH

Berita populer:Irwansyah Bebas, Raffi Ahmad: Yah Lu Pulang...KPK Tangkap Perantara Suap PolitikusMelongok Rumah Raffi Ahmad di Lebak BulusKPK Tangkap Tangan Tiga Pelaku SuapHary Tanoesoedibjo Ingin Satukan ISL dan IPLKPK Sita 2 Plastik Penuh Duit Pecahan Rp 100 Ribu

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi