Permak Desain, Chery Bajak Insinyur Porsche  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 26 Februari 2013 14:16 WIB
logo chery

TEMPO.CO, Shanghai - Bajak-membajak karyawan lazim terjadi dalam dunia industri, tak terkecuali sektor otomotif. Seperti yang dilakukan produsen mobil asal Cina, Chery Automobile Co, yang merekrut desainer kawakan Porsche, Hakan Saracoglu.

Situs Autonews mengabarkan, Saracoglu yang digosipkan bergabung dengan Chery pada Oktober 2012 kini menjabat direktur desain produk. Dia memimpin 30 insinyur otomotif yang akan merancang desain sedan hingga sport utility vehicle (SUV) terbaru untuk Chery. Saracoglu pun didapuk menjadi pimpinan Chery Design Centre Shanghai.

Langkah Chery untuk merekrut Saracoglu tidak bisa dianggap remeh. Maklum, pria keturunan Turki yang lahir di Jerman 47 tahun lalu ini adalah orang nomor satu di jajaran desainer Porsche. Saracoglu adalah tokoh kunci di balik mobil-mobil mewah lansiran Porsche, seperti sedan sport 918 Spyder, Porsche Boxster, dan Cayman. Sebelum bekerja bersama Porsche, dia juga mengepalai tim desain Ford yang melahirkan sedan Focus dan Mondeo.

Saat ditanya mengenai gaji barunya, Saracoglu cuma menggeleng. "Anda bisa lihat, saya tampak bahagia, kan," kata dia. Insinyur lulusan Art Centre College of Design Pasadena, California, Amerika Serikat, ini berjanji akan memberi nilai tambah yang signifikan untuk mendongkrak produk-produk Chery. "Perusahaan kami tengah berupaya memperbaiki citra," ujarnya.

Chery adalah salah satu produsen mobil asal Cina yang patut diperhitungkan. Perusahaan ini menjadi mitra produksi Jaguar Land Rover di Cina. Chery juga menjadi pemilik pabrikan mobil Qoros yang mempekerjakan desainer-desainer kawakan eks- BMW. Beberapa di antaranya, Gert Volker Hildebrand, perancang mobil Mini; mantan Direktur Produksi BMW, Alexander Wortberg, serta Manajer M-Power BMW, Klaus Schmidt.

FERY FIRMANSYAH

Berita terpopuler lainnya:Limbad Akan Maju Sebagai Calon Bupati TegalLimbad Tetap Membisu Jika Jadi Bupati Tegal Arnold Schwarzenegger Punya Pacar Baru? Inilah 6 Pasangan Terhangat di Oscar 2013Di Balik Gemerlap Panggung Oscars 2013

#Produksi Mobil

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi