Ferrari Luncurkan Mobil Hibrida Tercepat
Reporter: Tempo.co
Editor: Pruwanto
Rabu, 6 Maret 2013 13:12 WIB
CEO Ferrari CEO, Luca Cordero di Montezemolo mengenalkan mobil terbarunya LaFerrari Hybrid saat pameran Geneva Motor Show di Jenewa, Swiss, (5/3). REUTERS/Denis Balibouse

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan otomotif berbasis di Italia, Ferrari, memperkenalkan "kuda jingkrak" bertenaga bahan bakar minyak dan listrik atau hibrida yang diklaim sebagai kendaraan tercepat, LaFerrari. Mobil ini diperkenalkan dalam ajang Geneva Auto Show.

Produk terbaru produsen berlogo kuda jingkrak ini bisa melaju hingga kecepatan 100 kilometer per jam hanya dalam kurun waktu 3 detik. Sedangkan kecepatan 200 km per jam bisa diraih dalam 7 detik. LaFerrari bisa digeber hingga kecepatan 350 km per jam.

Dengan mesin kapasitas 6,3 liter, LaFerrari bisa menghasilkan 800 tenaga kuda. Jika ditambah dengan energi dari baterai listrik dengan kekuatan 120 kilowatt, LaFerrari bisa memiliki 963 tenaga kuda. Tenaga ini 10 kali lipat dibanding tenaga pada citycar Ford, Fiesta.

Kecepatan mobil ini melampaui legenda Ferrari Fiorano, Ferrari Enzo, dan F12 Berlinetta. Ferrari menyebut LaFerrari sebagai debut di kelas hibrida dan mobil yang tercepat yang pernah dibuat pabrikan asal Maranello, Italia, ini.

Walaupun masuk kelas hibrida, emisi mobil ini masih lumayan tinggi, 330 gram/km, di atas rata-rata mobil hibrida lain. Toyota Prius, misalnya, emisinya hanya 89 gram/km. Konsumsi bahan bakarnya lumayan, 14,2 liter untuk tiap 100 km.

Mobil ini akan diproduksi terbatas, hanya 499 unit. Ferrari belum memastikan berapa harganya. Namun mereka memberikan kisaran sekitar GBP 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar.

NUR ROCHMI | DAILYMAIL | AUTONEWS

Baca jugaKasus Simulator SIM, Jenderal Nanan Diperiksa KPK Pemerintah Venezuela Tuding Asing Bunuh Chavez Ini Alasan DPR Minta Tambahan Calon Gubernur BI

#Industri Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi