Ban Apollo Buka Pabrik di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Selasa, 9 April 2013 10:56 WIB
Sxc.hu

TEMPO.CO, Kochi - Apollo Tyres, produsen ban asal India, akan membuka pabrik di kawasan Asia Tenggara pada tahun ini. Untuk mendapat pasokan bahan baku karet yang lebih murah, perusahaan yang bermarkas di kota Gurgaon, Haryana itu akan membuka pabrik di Indonesia atau Thailand.

The Economic Times mengabarkan Appollo akan membangun pabrik untuk ban mobil penumpang, bus, truk, serta ban radial untuk kebutuhan off-road. Nilai investasinya mencapai Rs 16 miliar atau sekitar Rp 2,85 triliun.

Menurut Vice Chairman Apollo Tyres, Neeraj Kanwar, perseroan tengah mematangkan rencana dengan otoritas investasi Thailand dan Indonesia. Apollo juga tengah mencari lokasi yang sesuai dengan kebutuhan pabrik yang ditargetkan beroperasi dalam dua tahun mendatang. "Untuk itu kami menyiapkan dana dari sumber internal dan pinjaman bank," kata dia seperti dikutip pada Selasa, 9 April 2013.

Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi 16 ribu ban mobil penumpang dan 1.500 ban radial per hari. Ban tersebut akan dipasarkan di kawasan Asia Tenggara dan Cina. Pabrik baru ini diharapkan bisa mendorong upaya Apollo untuk masuk ke jajaran 10 besar produsen ban dunia dan mengembalikan modal senilai Rs 325 miliar pada 2016.

Saat ini, Apollo berada di urutan ke-16 produsen ban terbesar dengan kapasitas produksi 1.750 ton per hari. Pendapatan (terkonsolidasi) perusahaan ini mencapai Rs 135 miliar pada 2011-2012.

MARTHA THERTINA | FERY FIRMANSYAH

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi