Hamilton Pecah Ban, Rosberg Juara
Reporter: Tempo.co
Editor: Agus baharudin olahraga
Minggu, 30 Juni 2013 21:34 WIB
Nico Rosberg. AP/Manu Fernandez

TEMPO.CO, London- Nasib sial menimpa pembalap tuan rumah Inggris, Lewis Hamilton, yang sudah memimpin di urutan terdepan Grand Prix Formula1 Inggris 2013 di Sirkuit Silverstone, Ahad, ketika pada putaran kedelapan ban belakang kiri mobilnya tiba-tiba pecah sehingga gagal naik podium. Seri kedelapan dari 19 seri balap Formula1 2013 ini demenangi rekan Hamilton di tim Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg.

Posisi kedua diraih pembalap Tim RedBull – Renault asal Australia, Mark Webber. Pembalap Tim Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso mencapai garis finis di urutan ketiga. Hamilton yang sempat terlempar di urutan ke-18, mencapai finis di urutan keempat.

Grand Prix Formula1 Inggris 2013 berlangsung dramatis. Hamilton yang menempti posisi start pertama memimpim hingga putaran kedelapan. Pembalap utama Tim Mercedes  ini mendadak ban mobilnya sebelah kiri belakang pecah di jalur lurus pada putaran kedelapan tersebut.

Dalam kondisi ban yang pecah berantakan, Hamilton mampu mengendalikan mobilnya dan membawanya 'merangkak' menuju pitstop. Setelah ban yang hancur tersebut diganti, pembalap tim Mercedes ini kembali tancap gas dan menempati urutan ke-18.

Tak lama kejadian itu berselang, peristiwa serupa menimpa pembalap tim Ferrari asal Brasil, Felipe Massa. Ban kiri berlakang mobil Massa juga mendadak pecah pada putaran kesepuluh.

Dengan ban yang pecah berantakan, Massa berusaha menuju pitstop. Sesampai di pitstop, dalam sekejap ban tersebut diganti, dan Massa pun tancap gas.

Namun, pecah ban serupa kemudian terjadi lagi pada putaran ke-15 yang menimpa pembalap tim Toro Rosso-Ferrari asal Prancis, Jean-Eric Vergne. Ban belakang kiri mobil Vergne pun mendadak pecah hingga terlepas dari velgnya.

Mobil Vergne sempat terseok-seok sebelum kemudian dapat dia kemudikan menuju pitstop. Pecahan ban yang hancur berantakan di trek memaksa mobil pengaman masuk lintasan untuk memberi kesempatan petugas membersihkannya.

Balapan baru berlangsung normal kembali pada putaran ke-22. Posisi terdepan ditempati pembalap Jerman, Sebastian Vettel ( RedBull–Renault). Posisi kedua dan ketiga ditempat masing-masing oleh pembalap tim Mercedes asal Jerman, Nico Rosberg, dan tim RedBull-Renault asal Australia, Mark Webber.

Namun Vettel bernasib sial ketika mobil yang dia kendarai kehilangan kecepatan selepas satu tikungan pada putaran ke-42. Mobil yang dia pacu hingga kecepatan 290 kilometer per jam selepas tikungan itu tiba-tiba melambat.

Vettel terpaksa menepikannya di tepi kanan lintasan hingga benar-benar berhenti. Ia pun keluar dari mobilnya dan meninggalkan lintasan. Dengan langkah gontai ia menuju pitstop. Sementara awak Tim RedBull Renault tertunduk lesu begitu melihat mobil Vettel melambat hingga kemudian benar-benar berhenti.

Mobil pengaman pun kembali masuk lintasan untuk memberi kesempatan petugas lintasan mengeluarkan mobil Vettel dari lintasan. Lomba baru dapat kembali berlangsung normal pada putaran ke-46.

Balapan pada enam putaran terakhir berlasungsung sengit. Di posisi terdepan Nico Rosberg dibayangi Mark Webber. Sementara pembalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso, di posisi ketiga dibayangi Hamilton. Posisi tersebut tidak berubah hingga lomba berakhir pada putaran ke-52.

Seri balap berikutnya, seri kesembilan, berlangsung di Sirkuit Nurburgring, Jerman, 7 Juli mendatang.

FORMULA1 | REUTERS | AGUS BAHARUDIN

 

Klasemen Sementara F1

1. Sebastian Vettel (Jerman) Red Bull 132 poin

2. Fernando Alonso (Spanyol) Ferrari 111

3. Kimi Raikkonen (Finlandia) Lotus 98

4. Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes 89

5. Mark Webber (Australia) Red Bull 87

6. Nico Rosberg (Jerman) Mercedes 82

7. Felipe Massa (Brasil) Ferrari 57

8. Paul Di Resta (Inggris) Force India 36

9. Romain Grosjean (Prancis) Lotus 26

10. Jenson Button (Inggris) McLaren 25

#F1

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi