Datsun Go, Rancangan Jepang Rakitan Lokal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 17 Juli 2013 11:43 WIB
Datsun Go. Motortrend.com

TEMPO.CO, Jakarta - Setelah menggelar peluncuran perdana Datsun GO di India awal pekan ketiga Juli 2013, Nissan Motor Co menyiapkan rencana ekspansi ke negara berkembang. Indonesia. Rusia dan Afrika Selatan menjadi target pasar untuk sub-merk Datsun berikutnya.

Dalam keterangan yang diterima Tempo, Corporate Vice President Datsun, Vincent Cobee, mengatakan Datsun GO akan menjadi model pertama dari sejumlah varian yang akan meluncur pada 2014 di Indonesia, Rusia dan Afrika Selatan.

Untuk memasarkan Datsun GO di tiga negara itu, Cobee menerapkan strategi pendekatan personal. Hal ini diwujudkan melalui kemudahan pelayanan serta kepercayaan pada produk. “Hal ini penting mengingat di negara seperti India, Indonesia, Rusia dan Afrika Selatan, mobil mewakili bagian penting dari belanja konsumen," kata dia.

Strategi lain yang diterapkan Cobee adalah dengan merakit varian Datsun dengan kandungan lokal tinggi. Untuk menjamin kualitasnya, Datsun GO tetap dirancang di pusat desain Nissan Motor Global di Jepang. Namun, kata Cobee, pengembangan dan penelitian dan produksi dipercayakan pada para teknisi dan pemasok lokal untuk menjamin kesesuaian produk dengan kondisi pasar, selera dan kebutuhan konsumen. Perakitan lokal juga memungkinkan Nissan dan Datsun mendapat akses material yang cepat dan harga yang terjangkau.

Di India, Nissan Motor Company merakit Datsun GO di pabrik Renault-Nissan Alliance Oragadam, Chennai. Varian hatchback ini dijual seharga 400 ribu rupee atau sekitar Rp 67 juta. Datsun GO akan bersaing dengan produk lokal, mobil hatchback low Tata Nano yang dijual lebih murah, 150-220 ribu rupee.

Sedangkan di Indonesia Datsun GO kemungkinan menjadi bagian dari program program mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/ LCGC). Datsun kemungkinan meluncurkan produk ini pada Indonesia International Motor Show (IIMS) September 2013, sebelum memasarkannya pada 2014. Harganya? Kita tunggu saja kabar berikutnya.

FERY FIRMANSYAH

Otomotif Terpopuler

Lexus Incar Penjualan 650 Unit Tahun IniTesla Gagas Kereta yang Lebih Cepat dari PesawatFord Tarik 465 Ribu MobilAudi Incar 25 persen Pasar SUV MewahCuma 80 Unit, Audi Q5 PI Dibanderol Hampir Rp 1 M

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi