Nissan Produksi "Taksi Evalia" di Meksiko
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 26 Agustus 2013 13:30 WIB
Nissan NV200 Jadi Taksi Resmi Kota New York

TEMPO.CO, Mexico City - Nissan Motor Co segera memproduksi minivan Nissan NV200 yang akan dipergunakan sebagai armada taksi. Mobil yang lebih dikenal sebagai Nissan Evalia di Indonesia ini akan dibuat di kota Cuernavaca, Meksiko.

Autonews mengabarkan, taksi Nissan Evalia ini akan dioperasikan di New York, Amerika Serikat. Secara khusus, Nissan mengubah van ukuran sedang ini agar nyaman digunakan sebagai kendaraan angkut bagi 600 ribu penduduk kota New York. Sebelumnya, pada 2011, Nissan yang menjagokan NV200 alias Evalia memenangkan lelang terbuka untuk pengadaan armada taksi di New York.

Rencananya pabrik Nissan di Cuernavaca akan melabur bodi minivan itu dengan warna kuning. Ada pula modifikasi bentuk jendela samping, body line, kontrol pintu geser serta penambahan atap buka-tutup (sun roof) yang membuat mobil ini siap menjadi taksi eksklusif. Fitur tambahan lain yang menarik adalah kursi antibakteri, catu daya listrik, serta ruang kaki tambahan untuk penumpang sepanjang 25 sentimeter.

Untuk kenyamanan berkendara, Nissan membuat sebuah arena pengujian (proving ground) di kawasan Arizona. Proving ground ini memiliki kontur jalan yang mirip dengan kota New York. Dengan demikian, Nisan akan menyetel seluruh peredam kejut dan per mobil ini agar sesuai dengan kondisi jalanan kota New York.

Di samping mendandani NV200, Nissan juga melatih para calon pengemudi taksi tersebut. Kabarnya, Nissan telah menggelar test drive di sekitar kota New York dengan mempekerjakan sopir-sopr taksi kawakan. Para pengemudi ini melakukan tes total 155 ribu mil dan wajib mengumpulkan data mengenai kekurangan dan kelebihan taksi Evalia selama mereka gunakan.

Belum diketahui, setelah New York kota mana lagi yang akan memiliki armada taksi ini. Kira-kira, apakah ada operator taksi di Indonesia yang tertarik?

FERY FIRMANSYAH

Berita terpopuler:

Metallica Hanya Minta 7 Pertanyaan  Undang Metallica, Setiawan Djodi Dimarahi Pak Harto  Metallica Cuci Muka di Hotel BidakaraJokowi Datang, Penonton Metallica HebohNonton Metallica, Jokowi Dikawal Provos

#Angkutan Umum

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi