Setelah Vios, Toyota Indonesia Produksi Yaris  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 18 Desember 2013 15:00 WIB
Tampilan baru hatchback Toyota New Yaris yang diluncurkan di Jakarta, Rabu, 14 Maret 2012. (Raju Febrian/TEMPO)

TEMPO.CO, Karawang - Setelah memulai produksi sedan Toyota Vios dan Limo, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) segera merakit hatchback Yaris. "Yaris mulai diproduksi pada awal 2014," kata Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami, di Pabrik Toyota 2 Karawang, Rabu, 18 Desember 2013.

Menurut Nonami, pembuatan Vios, Limo, dan Yaris menjadi bagian dari program lokalisasi produk di Indonesia. Toyota Astra kini menghentikan impor sedan bermesin kecil dan hatchback dari Thailand.

Pabrikasi Yaris rencananya dilakukan di Pabrik Toyota Karawang 2. Pabrik tersebut telah menampung produksi Vios, Limo, dan Etios Valco. Selain hatchback dan sedan, TMMIN juga sudah memproduksi minibus Toyota Innova dan mobil sport serbaguna Fortuner di Pabrik Karawang I. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi 130 ribu unit per bulan. Setelah semuanya terwujud, total kapasitas produksi Pabrik Toyota Karawang mencapai 250 ribu unit per tahun mulai 2014.

Direktur Jenderal Industri Unggul Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, mengatakan produksi Vios menjadi awal dari upaya mengembalikan perakitan sedan di Indonesia. Menurut dia, produksi sedan selama ini terhenti karena terkendala pajak barang mewah (PPnBM) yang lebih tinggi ketimbang varian lain.

Saat ini, PPnBM untuk sedan mencapai 30 persen, sedangkan pajak untuk mobil jenis minibus 0 persen. Budi mengatakan, pemerintah mempertimbangkan untuk menurunkan PPnBM sedan. "Tetapi kami harus melihat pasarnya karena setelah membangun pabrik tidak bisa lagi berhenti," katanya.

ANANDA TERESIA

Otomotif TerpopulerGandeng Dongfeng, Renault Produksi SUV di Cina  Buthan Bakal Pakai Mobil Listrik buat TaksiNissan Uji Coba Mobil tanpa Sopir  Daihatsu Obral Diskon sampai Rp 17 Juta  

#Produksi Mobil
#Toyota Astra Motor

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi