Schumacher Mulai Membaik Pascaoperasi Kedua
Reporter: Tempo.co
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 31 Desember 2013 18:34 WIB
Michael Schumacher, juara dunia tujuh kali F1 asal Jerman, sedang bermain ski di Madonna di Campiglio, Italia, pada 13 Januari 2006. Schumacher is in this Italian Alps ski resort for the yearly meeting between Ferrari drivers and the press. Radio Prancis, RMC radio, melaporkan bahwa Schumacher mengalami kecelakaan. Ia menabrak batu ketika down hill. AP/Luca Bruno

TEMPO.CO, Paris - Kondisi legenda hidup Formula 1 Michael Scumacher dilaporkan mulai sedikit membaik pada Selasa, 31 Desember 2013, setelah menjalani oeprasi kedua, semalam.

"Kondisi dia saat ini sudah terkendali, tapi kami belum bisa menyatakan dia sudah keluar dari masa kritis," kata dokter Jean-Francois Payen, ahli anastesi kepala di Rumah Sakit CHU, Grenoble, Prancis, seperti dikutip kantor berita Reuters.

Pada Ahad, 29 Desember lalu, Schumi --nama panggilan Schumacher mengalami kecelakaan saat sedang bermain ski di Meribel, Perancis, bersama kedua anaknya. Juara jet darat sebanyak 7 kali ini terjatuh dan kepalanya membentur batu. Pria 44 tahun itu dirawat intensif dan sejak kecelakaan dia berada dalam kondisi koma.

"Saat ini tim dokter masih terus mengawasi perkembangan kondisi Schumacher setiap jam, kami enggan berspekulasi terkait kondisinya," kata Payen. Kendati disebut sudah sedikit membaik, dia menegaskan, Schumacher masih berada dalam kondisi kritis.

Pada Senin malam, Schumacher menjalani operasi kedua. Kepala rumah sakit yang menangani pembalap asal Jerman ini, Emmanuel Gay, menjelaskan prosedur operasi dilakukan untuk mengangkat hematoma, atau gumpalan darah dari otak bagian kiri Schumacher. Menurut dia, gumpalannya cukup besar dan mudah diangkat. "Tim dokter berhasil melakukan operasi tanpa menimbulkan resiko lebih berat," ujarnya.

Selain mengangkat gumpalan darah, operasi kedua yang dijalani Schumi pun dilakukan untuk mengurangi tekanan pada tulang tengkorak yang membuat otak Schumacher tertekan, akibat kecelakaan pada Minggu lalu. Beruntung pada kejadian itu Schumi memakai helm sehingga dia masih bisa diselamatkan dokter di rumah sakit.

Pihak rumah sakit menyatakan, tim dokter meminta keluarga untuk tetap bersabar dan menyarankan untuk tidak memindahkan Schumi ke rumah sakit lain. "Terlalu riskan untuk memindahkan dia dalam kondisi seperti ini," kata Payen.

REUTERS | PRAGA UTAMA

#Selebritas Dunia

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi