Fiat Tuntaskan Akuisisi Chrysler  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Rabu, 22 Januari 2014 12:16 WIB
Fiat. AP/Luca Bruno

TEMPO.CO, Milan - Produsen mobil Italia, Fiat Motor, menuntaskan akusisi lebih dari 60 persen saham Chrysler Group asal Amerika Serikat. Kedua perusahaan menyepakati transaksi akuisisi senilai US$ 4,35 miliar, atau sekitar Rp 52,5 triliun.

Menurut Kepala Eksekutif Fiat, Sergio Marchionne, pada Januari 2014 perusahaannya berhasil memborong 41,46 persen saham Chrysler dari VEBA, perusahaan tunjangan kesehatan yang terafiliasi dengan serikat pekerja industri otomotif Amerika, atau UAW.

Sebelumnya, pada 2009, Fiat mengakuisisi 20 persen saham Chrysler yang baru saja bangkit dari kebangkrutan. VEBA, kependekan dari Voluntary Employee Beneficiary Association, telah menerima dana tunai US$ 3,65 miliar untuk transaksi ini. Dari jumlah tersebut, US$ 1,9 miliar dibayar oleh Chrysler dan US$ 1,75 miliar oleh Fiat. Chrysler juga dikabarkan telah membayar dana US$ 700 juta kepada UAW untuk pelepasan saham.

Setelah akusisisi dengan Chrysler terwujud, Marchionne yakni Fiat akan menjadi perusahaan otomotif ketujuh terbesar di dunia. Dua perusahaan ini memasarkan 4,4 juta kendaraan pada 2013, lebih rendah dari volume penjualan Volkswagen AG, General Motors Co, dan Toyota Motor Corp.

Belum jelas, apakah Fiat dan Chrysler akan mendirikan perusahaan baru pasca-akuisisi ini. Namun keduanya memastikan akan memasarkan lini produk unggulan bersama-sama dalam merek Fiat dan Lancia dalam kelas konsumen massal; Alfa Romeo, Maserati, dan Ferrari di kelas premium; serta Chrysler, Dodge, dan Jeep. Fiat juga akan membangun pabrik senilai US$ 12 miliar di Italia. Pabrik ini akan merakit kendaraan di bawah merek Chrysler dan afiliasinya.

FERY FIRMANSYAH | AUTONEWS

Terpopuler

Cuitan Anas, Ruhut: Tahanan Hina Jangan Didengar   Angkat Telunjuk, Hary Tanoe Tantang Tutut Media Asing Soroti Ani Yudhoyono di Instagram   Hanya Orang Gila Menuntut Jokowi Hilangkan Banjir Pencipta Oplosan Dinilai Tak Tahu Terima Kasih Jokowi Kesal Pengungsi Mengemis di Jalanan   Di Pengadilan Tipikor, Anas Urbaningrum dan Pasek Berpelukan

 

#Produksi Mobil

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi