Skandal Emisi, Bos VW Sudah Tahu Sejak Tahun Lalu
Reporter: Tempo.co
Editor: Saroh mutaya
Kamis, 8 Oktober 2015 13:57 WIB
Michael Horn, Presiden dan CEO Volkswagen Grup di America. AP/Kevin Hagen

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Volkswagen Amerika Serikat Michael Horn sudah mengetahui kecurangan emisi pada jutaan mobil perusahaan tersebut sejak awal tahun lalu.

Horn mengaku, dia diberi tahu perihal kemungkinan adanya ketidakpatuhan emisi pada kuartal pertama 2014. Fakta itu diungkap dalam kesaksian yang akan dibacakan kepada komite dewan perwakilan Amerika Serikat, yang menyelidiki skandal tersebut, hari ini, Kamis, 8 Oktober 2015.

Menurut Horn, dia diberi tahu setelah hasil penelitian Universitas West Virginia keluar.

"Saya mendapat informasi bahwa Badan Perlindungan Lingkungan, EPA, punya aturan-aturan, termasuk berbagai sanksi atas ketidakpatuhan terhadap standar emisi dan bahwa badan tersebut bisa melakukan tes mesin,” ujarnya sebagaimana dikutip bbc.co.uk, Kamis, 8 Oktober 2015.

Tes mesin tersebut, ujarnya, dapat menunjukkan hasil uji atau analisis terhadap defeat device atau alat yang mengurangi efektivitas sistem kendali emisi.

"Saya juga diberi tahu bahwa teknisi perusahaan akan bekerja dengan badan tersebut untuk menyelesaikan masalah tersebut," ujarnya.

Lewat bukti tertulis, Horn mengatakan, baru pada 3 September tahun ini Volkswagen memberi tahu Pemerintah AS perihal alat rusak dalam piranti lunak emisi pada kendaraan diesel perusahaan tersebut, dari kendaraan VW model tahun 2009 sampai 2015.

Piranti lunak tersebut memungkinkan kendaraan mendeteksi apakah mobil sedang dikemudikan di jalanan atau diuji di laboratorium, serta bisa menyalakan dan mematikan mesin kendali emisi.

BISNIS

#Industri Otomotif
#VW | Volkswagen

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi