Rawan Terbakar, Fiat Chrysler Recall Jeep Grand Cherokee  
Reporter: Tempo.co
Editor: Praga Utama TNR
Senin, 28 Desember 2015 16:40 WIB
Jeep Grand Cherokee 2012. TEMPO/Subekti

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil Fiat Chrysler Automobiles NV mengumumkan segera menarik ulang (recall) 570 ribu unit sport utility vehicle (SUV) merek Jeep Grand Cherokee dan Dodge Durango buatan tahun 2011-2012.

Recall dilakukan setelah National Highway Traffic Safety Administration, regulator lalu lintas di Amerika Serikat, menginvestigasi keamanan dua produk tersebut. Investigasi dilakukan karena NTSA menemukan kedua produk ini mudah terbakar saat overheat (suhu mesin tinggi).

Fiat Chrysler membenarkan adanya potensi kebakaran pada mobil itu. Seperti dilaporkan Reuters, setidaknya sekitar 0,02 persen populasi mobil yang dijual di Amerika Serikat dilaporkan mengalami kebakaran akibat korsleting sistem kelistrikan dan overheating.

Pihak perusahaan, dalam pernyataan resminya, mengatakan mobil yang dipanggil ulang akan diservis. "Instalasi kabel pada sistem kelistrikan mobil akan dilapisi material baru untuk mencegah potensi kebakaran," tulis Fiat Chrysler.

Bukan cuma dua produk itu, perusahaan juga berencana menarik model Jeep Compass dan SUV Patriot produksi 2015 dari pasaran. Penyebabnya, ada ketidaksempurnaan komponen klem selang tekanan mesin. Ini berpotensi merusak sistem power steering karena cairannya bisa bocor tiba-tiba. "Itu juga berbahaya karena bisa menimbulkan kebakaran."

Recall ini rencananya dilakukan terhadap 413 ribu unit Compass dan Patriot di Amerika Serikat, 32 ribu unit di Kanada, 16 ribu unit di Meksiko, dan 108 ribu unit di banyak negara lain.

Tahun ini, Fiat Chrysler sudah melakukan 40 kali recall terhadap sejumlah produk. Total 12 juta unit kendaraan yang dipasarkan di seluruh dunia telah mereka panggil untuk diperbaiki. Jumlah ini menjadi rekor recall terbesar dalam grup Fiat Chrysler.

REUTERS | PRAGA UTAMA

#Produksi Mobil
#Fiat

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi