Bangun Mobil Otonom, Google Lirik Fiat Chrysler  
Reporter: Tempo.co
Editor: Fery Firmansyah
Senin, 2 Mei 2016 07:16 WIB
Mobil prototipe Google diperkenalkan di kampus Google di California, 13 Mei 2015. Mobil yang tidak memiliki pedal gas dan rem tersebut mampu berjalan dengan sendirinya tanpa pengemudi. AP Photo

TEMPO.CO, Jakarta - Proyek Google Inc untuk mengembangkan mobil otonom alias mobil tanpa pengemudi terus melaju. Pekan ini, Google dikabarkan hampir bersepakat dengan Fiat Chrysler untuk membuat mobil otonom dalam waktu dekat.

Laman CNBC menyebutkan pembicaraan Google dengan Fiat pada pekan terakhir April 2016 sudah memasuki tahap ujung. Dengan demikian, Fiat Chrysler berpeluang besar menjadi pengembang mobil otonom yang teknologinya sudah diriset Google selama enam tahun terakhir. Jika proyek ini gol, Alphabet, perusahaan induk Google, berniat menjadi agen pemasaran mobil tanpa awak ini.

Manajemen Fiat Chrysler dan Google belum memaparkan hasil pembicaraan tersebut. Namun bos Google, Sergey Brin, menyatakan tengah mencari mitra yang memungkinkan pihaknya memasarkan mobil otonom di seluruh dunia.

Secara terpisah, Kepala Eksekutif Fiat Chrysler Sergio Marchionne menuturkan tengah membuka peluang kerja sama dengan perusahaan teknologi besar, seperti Google dan Apple. "Google dan Apple sama, jadi buat apa memilih salah satunya?" ucapnya dalam wawancara dengan Automobile Mags.

Marchionne pun menegaskan, Fiat Chrysler tengah membangun dasar untuk pengembangan mobil canggih. Salah satu langkahnya, ujar dia, bermitra dengan pemilik teknologi. "Kami membuat mobil, mereka merancang teknologi," tuturnya.

Peluang kemitraan dengan Google pun kian besar, mengingat perusahaan dari Lembah Silikon itu sudah menguji mobil otonom hingga sejauh 1,5 juta mil.

FERY F.

Baca Juga Menjajal Keganasan Ferrari, Begini triknya Ferarri California T, Mobil Sport yang Cocok Digunakan Sehari-hari Ada Kamera Aksi di BMW M2 Coupe Daftar Mobil Baru yang Meluncur di IIMS

#Produksi Mobil
#Google Inc

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi