McLaren Pindahkan Produksi Sasis Fiber ke Inggris
Reporter: Tempo.co
Editor: wawan priyanto
Kamis, 9 Februari 2017 20:00 WIB
Sebegai penerus McLaren P1, McLaren P1 GTR diproduksi dengan menggunakan mesin 3.8-liter twin-turbo V8 yang mampu hasilkan 789hp. Bukan hanya itu, P1 GTR juga dilengkapi dengan motor listrik cadangan berkekuatan 197hp yang membuatnya memiliki total 986hp. topgear.com

TEMPO.CO, Jakarta - Produsen mobil sport mewah McLaren Automotive memindahkan lini produksi sasis serat karbon dari Austria ke Inggris sehingga akan menciptakan sekitar 200 lowongan pekerjaan baru.

Pihak McLaren Automotive mengatakan pemindahan lini produksi itu telah direncanakan jauh sebelum Inggris keluar dari Uni Eropa atau British Exit (Brexit).

Perusahaan yang berbagi fasilitas dengan tim Formula Satu McLaren namun berbadan hukum terpisah tersebut, akan memulai membangun fasilitas di Sheffield, Inggris sebelah utara, pada awal tahun ini. Adapun produksi penuh akan dimulai pada 2020.

Baca:Suzuki Ignis Masuk Indonesia, Ini Jadwalnya Mobil Angkutan Tata Ace Rambah Lampung

Pembangunan fasilitas itu memakan dana investasi hampir 50 juta pound namun akan menghemat sekitar 10 juta pound per tahun jika telah beroperasi penuh.

Sasis serat karbon, yang menjadikan mobil sport berbobot lebih ringan, saat ini masih dibuat di Austria. Namun, perusahaan itu mengatakan sudah waktunya dibuat di Inggris

"Kami telah mempelajari hal ini selama lebih dari dua tahun," kata seorang juru bicara McLaren seperti dilansir Reuters, Kamis, 9 Februari 2017. "Hal ini dan mesin adalah bagian strategis yang paling penting dari mobil dan kami akan mengambil kendali produksi, pasokan dan kualitas komponen yang sangat penting." 

Simak:Suzuki Optimis Penjualan Pikap Naik 15 Persen Honda CB500F Punya 2 Warna Baru, Dibanderol Rp 139,25 Juta

Fasilitas itu akan dibangun bekerjasama dengan University of Sheffield dan Dewan Kota.

McLaren mengatakan, dengan membuat sasis di Inggris akan meningkatkan jumlah komponen lokal dari 50 persen menjadi 58 persen, tergantung jenis kendaraan. McLaren Automotive menargetkan bisa membuat 3 ribu mobil pada tahun ini setelah mengalami perkembangan pesat kendati baru memulai pembuatan mobil pada 2011.

Saat ini McLaren Automotive hanya membuat mobil mewah dengan harga mencapai 2 juta pound tergantung pemesanan di pabrik mereka di Woking dengan jumlah ekspor mencapai 92 persen, demikian Reuters.

ANTARA

#Produksi Mobil
#McLaren

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi