Ssst, Ada Bocoran Test Drive Mitsubishi XM Concept
Reporter: Tempo.co
Editor: Sugiharto
Kamis, 16 Februari 2017 16:39 WIB
Mitsubishi XM Concept. TEMPO/Jobpie S

TEMPO.CO, Bandung -  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) akhirnya buka mulut mengenai sejumlah informasi yang semula dirahasiakan seputar mobil terbaru low multi purpose vehicle (MPV) buatan Mitsubishi.

Rencananya, mobil yang saat ini disebut sebagai XM Concept Crossover itu diluncurkan sekitar enam bulan lagi dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10-20 Agustus 2017. Produksi dan pengumuman nama komersialnya bakal dilakukan beberapa bulan sebelumnya.

Head of Sales & Marketing Group PT KTB Imam Choeru Cahya menceritakan pengalamannya mencoba mobil perpaduan MPV dan Sport Utility Vehicle (SUV) tujuh penumpang tersebut di Jakarta.

“Setengah hari saya mencoba, bulan Januari lalu,” katanya kepada Tempo di arena XM Concept Special Exhibition, Trans Studio Mall, Bandung, siang tadi, Kamis, 16 Februari 2017. “Mobilnya dikamuflase biar nggak ketahuan.”

BacaHari Ini, Mitsubishi Lanjutkan Roadshow XM Concept

Imam menceritakan, XM Concept memiliki ketangguhan SUV dengan kenyamanan MPV. Itu sebabnya, Mitsubishi menyebutnya sebagai XM Concept Crossover. Ukuran dan fasilitas pendukungnya pun disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Mitsubishi XM Concept Crossover, 16 Februari 2017. Foto TEMPO/Jobpie S.

Kata Imam, mobil ini akan diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal minimal 65 persen. Produksi akan dilakukan di pabrik baru yang akan dibuka sekitar dua bulan lagi di Deltamas, Cikarang. “Dari Indonesia pula mobil itu akan diekspor,” ucapnya.

Simak pulaPenjualan Honda Tumbuh 19 Persen di Awal 2017

Menurut Head of Public Relations Intan Vidiasari, ekspor bakal dilakukan dua tahun kemudian. Sedangkan negara yang disasar, Imam menyebutkan, setidaknya negara-negara di Asean.

Mitsubishi juga berjuang keras bersaing di pasar keras MPV mengalahkan Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, serta Nissan Grand Livina. Sebagai pendatang baru di pasar MPV, setelah pada 1990-an meluncurkan Mitsubishi Kuda, Mitsubishi berjanji menghadirkan deferensiasi dibandingkan para pesaing tadi.

LihatSuciono, Orang yang Mendesain Livery Helm Rio HaryantoModifikasi Ekstrem Mitsubishi Fuso Colt Diesel, Ini Hasilnya

“Kami memiliki deferensiasi dibandingkan dengan kompetitor,” ucap Intan dalam konferensi pers XM Concept Special Exhibition di Trans Studio Mall.

Nah, apa yang khas dari XM Concept Crossover hasil test drive?

Imam menuturkan, selama test drive yang paling terasa adalah perpaduan MPV dan SUV yang kental. Kelebihan itu dipadu dengan kelegaan ruang, kenyamanan, serta kesenyapan di kabin. Namun, Imam bungkam ketika ditanya lebih detil.

Kemunculan XM Concept Crossover menjadi pembuktian bahwa Mitsubishi tak hanya produsen kendaraan niaga dan sport seperti yang dicitrakan selama ini. “Padahal kamu juga punya passanger car,” ucap Imam.

Sejak XM Concept Crossover diperkenalkan pada Agustus 2016, nama komersialnya terus dirahasiakan. “Sebentar lagi diumumkan namanya,” kata Imam. Tapi, “Apa namanya terus terang belum diputuskan di internal kami,” ujarnya berkilah.

JOBPIE SUGIHARTO

#Produksi Mobil
#PT Kramayudha Tiga Berlian

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi